KPH Wil IV Balige Sumbang Ribuan Pohon Untuk Warga Narumonda V

Editor: metrokampung.com
Ir Hulman Sitorus Wakil Bupati Tobasa bersama Istri dan Ketua TP-PKK Kab Tobasa Ny Darwin Siagian Brenda Boru Aruan .
Tobasa-metrokampung.com 
Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah IV Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), memberikan bantuan berupa 6.875 bibit pohon kepada kelompok masyarakat di desa Narumonda V, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasa, Jum'at (25/5).

Hal itu diungkapkan oleh Leo Sitorus, Kepala KPH Wilayah IV Balige Kabupaten Toba Samosir saat ditemui di sela sela rangkaian kegiatan penanaman pohon di Desa Narumonda V tersebut.

Kegiatan itu, kata Leo, dilaksanakan sekaligus pelaksanaan pencanangan bulan bhakti gotong royong Kab. Tobasa dengan tema ayo menanam pohon serta peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tingkat Kabupaten Tobasa

Dalam keterangannya Leo menjelaskan bahwa tujuan Gerakan Ayo Menanaman Pohon kali ini merupakan salah satu upaya bagian dari Gerakan strategi konservasi dunia, kita perlu melakukan upaya terkait konservasi air dan konservasi tanah.

”Mudah-mudahan dengan penanaman pohon ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menangani dampak perubahan iklan yang pada akhirnya dapat meningkatkan Indeks Kualitas lingkungan Hidup daerah dan RTH (Ruang Terbuka Hijau )," katanya.

Ketua TP-PKK Kab Tobasa Ny Darwin Siagian Brenda Aruan saat penanaman pohon . Disaksikan dari pihak KPH Wilayah IV dan Kadis PMD . 

Sementara itu, Renta Silitonga, Ketua Kelompok Binaan PKK Desa Narumonda V mengatakan bahwa anggota kelompok itu mayoritas kaum ibu. "Kelompok ini adalah kelompok binaan PKK Desa Narumonda V berjumlah 35 orang dimana semua anggotanya adalah kaum ibu warga desa Narumonda V," ujarnya.

Didampingi Ketua PKK Desa Narumonda V, Ny Rumondang Fernando Marpaung menyebutkan bahwa lahan yang digunakan kelompok itu untuk menanam ribuan pohon bantuan KPH Wil IV Balige itu adalah milik warga. Kelak hasil panennya menjadi hak masing masing pemilik tanah,

Diuraikannya, adapun jenis 6.875 bibit pohon yang diberikan KPH itu bernilai ekonomis seperti  pohon Alpukat, pohon Durian dan pohon Aren. "Rencana luas penanaman yakni 10 Ha, dan yang sudah ditanami oleh kelompok binaan PKK Desa Narumonda V sudah mencapai 8 Ha," terangnya.

"Semoga dengan kegiatan penanaman ribuan pohon ini, kelak dapat meningkatkan taraf hidup warga di Desa Narumonda V ini," ujar Ny.Rumondang Fernando Marpaung yang istri Kepala Desa Narumonda V. (Jujung/simon)
Share:
Komentar


Berita Terkini