GEMPA Dangkal Guncang Nias Selatan, Kedalamannya 14 Kilometer

Editor: metrokampung.com

NIAS SELATAN-METROKAMPUNG.COM
Gempabumi menguncang Pulau Nias, Sumatera Utara, Senin (30/7/2018).
Informasi ini diposting beberapa netizen.

''Gempa.'' tulis akun facebook Sesilia Sarumaha, warga Teluk Dalam Nias, Selatan, beberapa menit lalu.

Informasi gempa Nias ini juga dipublikasikan di akun twitter BMKG.

''#Gempa Mag: 5.3 SR, 30-Jul-18 20:34:25 WIB, Lok:0.53 LU,98.30 BT (55 km Tenggara NIASSELATAN-SUMUT), Kedlmn:14 Km #BMKG.''

Gempa ini berkekuatan 5,3 pada Skala Richter di kedalaman 14 kilometer.

Belum diketahui apakah ada korban jiwa dan kerusakan bangunan rumah atau perkantoran.

BMKG melansir gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami.

Gempa yang terjadi di Nias Selatan itu, juga dirasakan warga Kota Sibolga. “Gempa, lumayan goyangannya,” ujar warga Sibolga, Eva.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono ST, Dipl Seis, MSc, mengatakan dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Sibolga dan Air Bangis II SIG-BMKG (II-III MMI), Teluk dalam dan Aek Godang I SIG-BMKG (II MMI).

 "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," katanya.

 "Hingga pukul 21.00 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Triyono. (*)
Share:
Komentar


Berita Terkini