Belum Laporkan Harta Kekayaan, KPK Surati Anggota DPRD Deliserdang

Editor: metrokampung.com

Lubuk Pakam-metrokampung.com
Hingga saat ini anggota DPRD Deliserdang hampir seluruhnya belum melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Karenanya, KPK pun telah menyurati Sekretariat DPRD Deliserdang dengan nomor surat B/5832/LHK.00/12/08/2018 dan ditujukan kepada Ketua DPRD Deliserdang, Riki Prandana Nasution.

Surat berisi rekapitulasi kepatuhan pelaporan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan monitoring kepatuhan pelaporan LHKPN. Beberapa anggota dewan yang ditanyai soal LHKPN ini mengaku tidak paham untuk mengisinya. Meski menyadari ada staf ahli di tiap-tiap Komisi ataupun Fraksi namun tetap saja mereka masih belum memanfaatkannya.

"Nantilah saya tanya bagaimana cara mengisinya. Itu (formulir) ngambilnya untuk menulisnya. Iya memang (ada staf ahli) ada tapi nantilah. Kurang paham juga kita,"kata Henry Rosmawati Sitanggang Selasa, (28/8/2018).

Tidak jauh berbeda dengan Henry, Ketua Fraksi PAN, Tahan Sembiring juga mengakui kalau dirinya belum pernah melaporkan harta kekayaannya. Ia menuturkan baru kali ini mendesak kepada stafnya agar dibantu untuk dapat diisikan.

"Iya belum dilaporkan memang. Ya ini sudah kita suruh staf untuk mengisinya. Biar dia sendiri dululah yang bekerja. Biar ada dulu kerjanya,"kata Tahan.

Lain dewan lain pula tanggapan dan responnya ketika ditanyai LHKPN ini. Ketua Badan Kehormatan DPRD, Siswo Adi Suwito mengaku sudah melaporkan harta kekayaannya namun demikian ia menyebutkannya adalah Tax Amnesty. Walaupun sudah lima periode menjadi anggota dewan namun politisi Golkar ini mengaku tidak ada hartanya.

"Udah saya laporkan itu Tax Amnesty. Sama saja itu dengan LHKPN. Gak ada harta apa yang mau dilaporkan. Lebih banyak pengeluaran dari pada pendapatan soalnya," kata Siswo.

Sementara itu Ketua DPRD, Riki Prandana Nasution belum bersedia memberikan komentar. Berulang kali hapenya dihubungi namun tidak diangkat. Konfirmasi singkat melalui SMS yang dikirimkan juga tidak berbalas. Belum diketahui secara pasti apakah dirinya sudah pernah melaporkan harta kekayaannya atau tidak.(dra)
Share:
Komentar


Berita Terkini