Pemko Tanjungbalai dan USU Jalin Kerja Sama Bidang Ekonomi

Editor: metrokampung.com
Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH saat berkunjung ke USU Medan yang diterima oleh Drs. Mahyuddin KM Nasution selaku Wakil Rektor III bidang penelitian, pengabdian kepada msyarakat dan kerjasama Universitas Sumatera Utara, Kamis, (27/9).
Tanjungbalai-metrokampung.com
Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai menjalin kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam bidang pendampingan pembangunan ekonomi dibidang perdagangan dan jasa.

Kerjasama itu terjalin dalam kunjungan Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH ke USU Medan yang diterima oleh Drs. Mahyuddin KM Nasution selaku Wakil Rektor III bidang penelitian, pengabdian kepada msyarakat dan kerjasama Universitas Sumatera Utara, Kamis, (27/9).

Dalam kesempatan itu, H.M Syahrial mengatakan, kerjasama itu merupakan bukti keseriusan Pemko Tanjungbalai untuk meningkatkan perekonomian didaerah tersebut. Diharapkannya, USU dapat memberikan masukan dan kajian terhadap ekonomi di Kota Tanjungbalai untuk mendorong kebijakan yang berpihak pada keseimbangan baik usaha mikro kecil menengah atau investasi skala besar.

"Menindaklanjuti hal tersebut, Pemko Tanjungbalai menjalin kerjasama dengan USU dalam membuat kebijakan terkait peningkatan ekonomi masyarakat khususnya dibidang perdagangan dan jasa ekspor impor, " sebut Wali Kota

Dikatakannya, peningkatan pertumbuhan ekonomi di kota itu akan bertambah seiring dengan kondisi ekonomi dan iklim investasi yang menjanjikan, pemberian izin ekspor impor yang tidak memberatkan masyarakat dan kemudahan mendapatkan modal bagi para eksportir dan importir yang ada didaerah tersebut.

Tidak hanya soal kebijakan ekonomi, H.M Syahrial juga berharap USU bisa mengkaji kebijakan pemerintah dalam penggunaan anggaran. Kajian ituvdianggap penting agar dana tidak salah sasaran dan berdampak pada pembangunan.

"Kita berharap USU memberi masukan agar kajian yang akan dihasilkan nantinya benar-benar dapat terlaksana dengan baik dan berpihak pada masyarakat serta menambah pendapatan pemerintah. Sebelumnya juga, kita telah melakukan MOU dengan USU terkait kerjasama pengembangan SDM dan peningkatan kualitas pendidikan bagi para siswa lulusan SMA sederajat yang akan melanjutkan program kuliah di USU." ujar Wali Kota.

Sementara itu, Wakil Rektor III USU, Drs. Mahyuddin KM Nasution mengatakan, pihaknya bersedia untuk bekerjasama dengan Pemko Tanjungbalai terkait pembuatan kajian tersebut. Guna merespon hal tersebut, USU telah membentuk tim kajian yang diketuai Prof. Ridwan Hanafi yang beberapa hari kedepan akan berkunjung ke Tanjungbalai dan melakukan pertemuan dengan pemerintah, Forkopimda, Instansi Vertikal dan masyarakat  guna mendapatkan data dan Informasi yang lebih konkret.

"Kami berharap Kajian yang akan dihasilkan dapat selesai tidak terlalu lama, sehingga dapat menjadi dasar dalam peningkatan ekonomi masyarakat Kota Tanjungbalai," ucap Mahyuddin. (laban/mk/red)
Share:
Komentar


Berita Terkini