Sejumlah Mahasiswa Berunjukrasa di Depan Kantor Bupati Labuhanbatu, Siap Kawal Penyaluran Dana Beasiswa Agar Bersih Dari KKN

Editor: metrokampung.com
Puluhan Mahasiswa saat berunjukrasa di depan kantor Bupati. 
Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Sebanyak puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Labuhanbatu Raya, berunjuk rasa di depan kantor Bupati Labuhanbatu, Kamis (27/9) siang.

Mereka menuntut Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk lebih transparan penyaluran beasiswa kepada mahasiswa Labuhanbatu secara spesifik.

Koordinator Aksi Habiburrahman, didampingi Korlap Khairil Hanif Nasution dalam orasinya mengatakan bahwa HMI siap mengawal penyaluran dana Hibah Pemkab Labuhanbatu terkhusus untuk beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.

"Kami meminta Pemkab Labuhanbatu untuk lebih transparan terhadap beasiswa yang diperuntukan kepada mahasiswa Labuhanbatu secara spesifik," katanya.

Dan apabila, kata mereka, di kemudian hari, terdapat penyimpangan pada program tersebut HMI secara tegas akan menjadi barisan terdepan untuk menyatakan bahwa ada yang tidak benar pada Pemkab Labuhanbatu.

"Bila dibandingkan dengan Labuhanbatu Selatan, beasiswa untuk mahasiswa sebesar Rp. 5 jt untuk satu orang. Sementara di Labura Rp. 2 jt. Sedangkan, di Labuhanbatu sendiri sebesar Rp. 1 jt. Ada apa dengan Labuhanbatu, kami sangat mengapresiasi Pemerintah Labuhanbatu yang memberikan beasiswa kepada mahasiswa. Tapi, kalau hanya Rp. 1 jt mau dapat apa," ketus mereka.

Selain itu, mereka juga menyampaikan sejumlah tuntutan lainnya, diantaranya, mengklarifikasi secara spesifik program beasiswa Pemkab Labuhanbatu yang dikeluarkan dari dana hibah terkait berapa jumlah mahasiswa yang akan diberikan beasiswa, serta berapa jumlah dana beasiswa secara menyeluruh dan personal untuk mahasiswa berprestasi atau kurang mampu di Kabupaten ini.

"Kami hanya ingin mengetahui penyaluran beasiswa agar lebih transparan. Dan kami akan mengawal supaya tidak ada KKN di kalangan pejabat tinggi Labuhanbatu," sebut mereka.

Setelah satu jam berorasi, akhirnya para pengunjuk rasa di sambut oleh Asisten l Nasrullah dan Kabag Kesra M. Yusuf Rangkuti dan berserta sejumlah pejabat tingkat Pemkab Labuhanbatu lainnya.

"Kami sangat senang adik-adik mahasiswa mengawal penyaluran Dana Beasiswa yang akan di salurkan oleh Pemkab Labuhanbatu. Karena penyaluran beasiswa tersebut dilakukan dengan transparan," kata Asisten l Pemkab Labuhanbatu Nasrullah.

Dia juga menyarankan agar para mahasiswa, bila mana mendapati penyaluran beasiswa tersebut terindikasi KKN agar segera melaporkannya kepada penegak hukum.

Sementara itu, Kabag Kesra Labuhanbatu, M. Yusuf Rangkuti menambahkan bahwa, untuk dana anggaran beasiswa tersebut akan dihibahkan sebesar Rp. 1 milyar, bagi mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi.

"Penyaluran beasiswa tersebut, untuk mahasiswa yang berekonomi lemah namun berprestasi. Bagi mahasiswa, segera lengkapi persyaratannya. Karena dana itu, untuk mahasiswa yang melengkapi persyaratannya yang akan diberikan, minimal IP 3,00 keatas," tandasnya. (AL/red)
Share:
Komentar


Berita Terkini