Dinas Kesehatan Labuhanbatu Didemo Mahasiswa Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana JKN TA 2017

Editor: metrokampung.com
Kasubag Keuangan Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Sarono (kanan) sedang memberikan penjelasan kepada para Demonstran. 

Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Revolusi Labuhanbatu (Gemasila) berunjuk rasa ke kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (31/10) siang.

Dalam tuntutannya, mereka meminta Klarifikasi Kepala Dinas Kesehatan, Tinur Bulan SKM atas dugaan penyalahgunaan Dana Anggaran tahun 2017 untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Aksi yang berlangsung di halaman dalam Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu itu, tampak para Mahasiswa tidak terima atas jawaban dari Kasubag Keuangan, Sarono yang terkesan Normatif.

"Kami meminta Kepala Dinas Kesehatan Langsung yang memberikan klarifikasi dari tuntutan kami, bukan bapak (Sarono) yang memberikan jawaban dan terkesan normatif," kata Kordinator Aksi, Agus Salim Daulay.

Demonstran terus meminta Kepala Dinas Kesehatan dihadirkan sebab menurut mereka ketidak hadiran Kepala Dinas seperti akal-akalan dan alasan untuk menghindar dari aksi.

"Mana buktinya Kepala Dinas Kesehatan tidak ada di tempat, sepotong surat pun kalian tidak bisa menunjukkan alasan Kepala Dinas Ke luar kota. Tidak ada bukti tertulis apapun yang dapat ditunjukkan, jangan-jangan dia bawa uang Negara untuk shoping diluar Kota," cetus Agus.

Aksi yang akan berlangsung selama dua hari itu, tidak hanya menuntut klarifikasi dari Kepala Dinas Kesehatan saja, juga ada tuntutan kepada Kejaksaan Negeri Rantauprapat, agar lebih serius dalam menangani adanya dugaan penyalahgunaan Anggaran Tahun 2017 di Lingkungan Dinas Kesehatan.

Selain itu, mereka juga menilai pihak Kejaksaan Negeri Labuhanbatu dianggap gagal dalam menjalankan tugas dan fungsi yang diatur dalam UU NOMOR 16 TAHUN 2004 Tentang Kejaksaan Republik Indonesia.

"Kami tidak berhenti sampai disini, aksi ini akan kami lanjutkan besok dengan masa yang lebih besar lagi," ujar Kordinator aksi, seraya membubarkan massa.

Sementara, Kasubbag Keuangan Dinas Kesehatan Labuhanbatu, Sarono, saat ditemui wartawan menjelaskan bahwa, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu sedang berada di Medan, Sumatera Utara, dan terkait persoalan dirinya menjelaskan sudah ditangani pihak Kejaksaan Negeri Labuhanbatu.

"Ibu Kepala Dinas berketepatan saat ini berada Di Medan, dan untuk persoalan sudah di Kejaksaan Negeri Labuhanbatu," pungkas Sarono. (AL/mk/red)


Share:
Komentar


Berita Terkini