Peringatan HSP Tingkat Sumut di Deliserdang

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 90 Tahun 2018, tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Kabupaten Deli Serdang berlangsung hikmad dan lancar meskipun dibawah hujan rintik rintik, Minggu (28/10) di GOR Lubuk Pakam.

Dalam Peringatan HSP tersebut sebagai Pembina Upacara Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi dan selaku Perwira Upacara Ok Alamsyahputra Sekretaris KNPI Deli Serdang, Pemimpin Upacara Wakil Ketua KNPI Deli Serdang Joko Taruna, Pembaca UUD 1945 Martin Edward Manik, dan Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 Dharma Sucipto.

Upacara tersebut dihadir juga Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman, Pangdam I BB Mayjen TNI Sabrar Fadhilah Bersama Forkopinda Sumut, Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deli Serdang H Zainuddin Mars, Ketua DPRD Deli Serdang Ricky Prandana Nasution,Forkopimda Sumut dan Deli Serdang, para Pimpinan OPD Sumut dan Deli Serdang serta para OKP dan Pemuda.

"Kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor Pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini, komitmen kebangsaan mereka harus kita teladani untuk membangun bangsa, satukan Indonesia”, Kata Gubsu Edy Rahmayadi.

Ia juga menekankan bahwa tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Kalau Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas Pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik”, katanya.

Edy Rahmayadi pada kesempatan itu juga mengatakan bahwa Tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajatan besar pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam mensukseskan proses Pemilihan Umum nanti amat sangat dibutuhkan, partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Gubsu H Edy Rahmayadi pada kesempatan itu juga meminta kepada para Pemuda Indonesia untuk bisa melahirkan ide-ide, tekad dan cita-cita pengorbanan.

“Wahai Pemuda Indonesia, dunia menuggu mu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita pengorbanan mu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”, ujar Gubsu.

Upacara tersebut juga diselingi dengan pemberian penghargaan pemenang Kepeloporan Pemuda Provinsi Sumut 2018 kepada enam Pemuda yakni Cahirullah dari Kota Medan di Bidang Kepeloporan Pangan, Renny Katrina Manurung dari Kab Tapanuli Utara di Bidang Kepeloporan Agama, Sosbud, Cut Mutia Fahira dari Kota Binjai di Bidang Kepeloporan Pendidikan.

Selanjutnya Raja Otniel Purba dari Kab Langkat di Bidang Kepeloporan SDA, Lingkungan dan Pariwisata, Yoan Raynaldo Sinaga dari Tarutung di Bidang Pangan serta Muhdi Kurnia dari Kabupaten Deli Serdang di Bidang Pendidikan.(dra/mk/red)




Share:
Komentar


Berita Terkini