Plt Bupati Labuhanbatu Sampaikan Amanat Menpora RI Pada Peringatan Upacara Sumpah Pemuda

Editor: metrokampung.com
Plt Bupati Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT saat menjadi Irup pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda.
Labuhanbatu - Metrokampung.com 
Revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo amatlah relevan, yakni dalam mewujudkan pemuda yang maju.

Ciri pemuda yang maju, adalah pemuda yang berkarakter dan berdaya saing, oleh karena itu revolusi mental harus dapat dijadikan sebagai pemicu untuk semakin cepat terwujudnya pemuda yang maju, untuk dapat menghasilkan bangsa yang hebat.

Demikian amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, yang disampaikan melalui Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90, di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Minggu (28/10/2018).

90 tahun yang lalu, kata Andi, komitmen kebangsaan pemuda Indonesia harus diteladani untuk membangun bangsa ini.

Maka dari itu, hari sumpah pemuda yang bertemakan "Bangun Pemuda Satukan Indonesia" ini, diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki kepemimpinan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

"Saat ini, merupakan peringatan hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu hari Sumpah Pemuda yang ke-90 tahun 2018, kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia," ujarnya.

Disamping itu, Andi Suhaimi mengemukakan, dengan pesatnya perkembangan tekhnologi informasi ibarat dua mata pisau, satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan, namun pada sisi lain mempunyai dampak negatif.

"Seperti informasi yang bersifat hoaxs, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikal dan terorisme, diharapkan kaum muda dapat memfilter dengan ilmu pengetahuan," urainya.

Dijelaskan Plt Bupati, hari ini, pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi hingga di kancah Asia, ini adalah sejarah baru membangun optimis pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidang.

"Seperti halnya, di tahun 2019 mendatang, bangsa Indonesia akan menggelar hajatan besar yakni pesta demokrasi untuk memilih, menentukan pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pilpres, dan anggota Legislatif," jelasnya.

Untuk itu, tambahnya, peran dan tanggungjawab pemuda dalam mensukseskan proses pemilihan umum ini nanti amat sangat dibutuhkan, partisipasi aktif pemuda dalam pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai dan berkualitas.

"Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap remonial suku, agama, ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," imbuhnya.

Di akhir amanat tersebut, Andi mengajak segenap pemuda Indonesia untuk memandang kedepan dengan menjadi generasi yang tangguh dan hebat, serta mampu menjadi barisan terdepan dunia.

"Wahai pemuda Indonesia dunia sedang menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia ini," pesan Andi Suhaimi.

Prosesi upacara berlangsung khidmat, yang dihadiri Forkopimda Labuhanbatu,  Tokoh Agama, Ormas, OKP, serta ratusan para pelajar. (AL/red)

Share:
Komentar


Berita Terkini