Agar Miliki Daya Saing, Bupati Batubara Sarankan Lulusan SMA Kuliah Bidang Industri

Editor: metrokampung.com

Limapuluh-Metrokampung.com
Bupati Batubara  Ir. Zahir. MAP mengharapkan pelajar tingkat SLTA sudah akan memasuki masa produktif untuk bekerja atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Mereka diharapkan membuka minat  kebidang industri jika melanjutkan studi, apakah ke tehnik perikanan, atau IT, perkebunan, dan sebagainya.

Demikian siaran pers Humas dan Protokoler Setdakab Batubara yang diterima wartawan, Jumat (18/01/2019).

Bupati Batubara Zahir usai upacara kesadaran Nasional di Lapangan Sepakbola Limapuluh, Kamis (17/1). Hadir dalam kesempatan itu Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang,  Sekdakab Batubara, Kejari Batubara, Dandim 0208/as, para ASN , ormas dan pelajar.

Menurutnya, generasi muda saat ini sudah perlu melihat bidang IT adalah sarana kerja tak bertepi. Siapa saja bisa mencari nafkah disana asalkan memiliki kreativitas dan inovasi yang mampu melihat peluang.

" Kita lihat bagaimana seorang Jack Ma bos Alibaba yang hanya berbekal ilmu bahasa Inggris bisa menjadi milyarder dunia, dan contoh orang sukses lainnya, saya yakin anak Batubara juga bisa, saya akan dorong pendidikan kita setara dengan daerah lain, hingga anak anak kita memiliki daya saing untuk diterima didunia usaha," kata Zahir.

Ditambahkannya masalah Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi titik berat pembangunan yang akan dilakukan pemerintahannya kedepan. Dengan menggandeng dunia usaha, juga melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka , baik di Sumatera Utara maupun diluar itu.

Sementara itu mantan Kadis Pendidikan Sumut Saiful Sapri yang turut hadir ditempat itu kepada wartawan mengatakan, Batubara sebagai daerah penyangga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Seimangkei akan menjadi tujuan para pencari kerja.

" Pendidikan di Batubara harus terkoneksi dengan dunia usaha , sehingga bisa mempersiapkan lulusan sekolah yang siap kerja. Peluang putra putri Batubara akan membesar ketika Sumber Daya Manusia nya sudah siap," kata Saiful.

Mantan Pj Bupati Batubara ini juga mengatakan, membuat ikatan kerja sama dengan perguruan tinggi adalah salah satu solusi untuk meningkatkan SDM. Semasa ia  menjabat ia sudah melakukan MoU dengan Undip di Semarang, dan Politeknik Kelautan Perikanan di Sidoarjo. (ebson ap/damar)
Share:
Komentar


Berita Terkini