6 Nelayan Batubara Segera Kembali Ke Tanah Air

Editor: metrokampung.com
Ketua Mantab Sawaluddin Pane (kiri) dan Aktifis Mangrove Yusriadi Sitorus (kanan).

Batubara - Metrokampung.com
Enam nelayan asal Batubara yang sempat ditahan Jabatan Perikanan dan Pertanian Malaysia akhirnya bebas murni.

Kerja keras tim advokasi yang ditunjuk Pemkab H. Darius, SH melakukan lobi dengan Jabatan Perikanan dan Pertanian Malaysia menunjukkan hasil memuaskan.


Berita menggembirakan tersebut disampaikan Ketua Masyarakat Nelayan Tradisional Batubara ( Mantab) Sawaluddin Pane didampingi aktifis mangrove Batubara Yusriadi Sitorus  kepada wartawan di Lima Puluh, Jumat (01/02/2019).

Dituturkan Sawal, dirinya telah dikhabari oleh tim advokasi H. Darius, SH lewat seluler yang mengatakan tim tiba di Penang Selasa (22/01) dan langsung berkoordinasi dengan Konjen RI Penang melalui Staf Teknis Polri di Konjen Kompol Danu dan Staf Teknis TNI  Mayor (L) Dimas LO.


Diungkapkan para nelayan sudah di Konjen Penang sejak Kamis (31/01) dan sedang dalam  pengurusan surat perjalanan laksana paspor (SPLP).  "Bila tidak ada halangan hari ini pulang via bandara Kuala Namo," jelas Sawal.

Keenam nelayan menangis histeris begitu Darius mengabarkan mereka telah boleh pulang ke tanah air. Dengan terbata-bata para nelayan mengucapkan terimakasih kepada Bupati yang dengan cepat  respon  membebaskan mereka.

Para nelayan juga berterimakasih kepada tim advokasi yang dipimpin H. Darius, SH serta Konjen RI Penang yang telah menunjukkan kinerja briliannya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan para nelayan kepada Ketua Mantab Sawaluddin Pane yang telah berjuang meyakinkan Pemkab Batubara untuk membebaskan mereka.

Keenam nelayan yang ditahan di Malaysia  yakni Rahimmuddin, Ridwan, Misri, Zulkifli,  Badri dan M Edi tidak dapat melakukan perlawanan selain pasrah dijarah perompak.

Usai dirompak, kapal mereka terombang ambing hingga tanpa sadar diduga telah berada di perairan Malaysia.


Belajar dari kejadian yang menimpa nelayan asal Batubara, Yusriadi Sitorus berharap kedepan pemerintah termasuk Pemkab Batubara memberikan pelatihan dan peralatan  yang cukup kepada nelayan menghindari masuknya mereka ke wilayah perairan negara tetangga tanpa sadar.

Selain itu,  Yusriadi yang merupakan Caleg DPRDSU Dapil Sumut V dari PSI meminta Pol Airud dan instansi yang berwenang di laut agar meningkatkan pengawasan mereka. Ini diperlukan agar jangan ada lagi nelayan yang dirompak di laut sehingga terombang-ambing tanpa arah. (ebson ap/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini