Audiensi BPOM Sumut di Tanjungbalai, Produk Unggulan Kota Tanjungbalai Siap Bersaing Dipasar Ekspor dan Moderen

Editor: metrokampung.com
AUDIENSI : Wali Kota H.M Syahrial saat menerima audiensi BPOM Sumut yang dipimpin Drs. Yulius Sacramento Tarigan beserta rombongan di rumah dinas Wali Kota, Kamis, (31/1).

Tanjungbalai-metrokampung.com
Produk unggulan Kota Tanjungbalai salah satunya yang berhubungan dengan produk ikan diyakini siap bersaing di pasar ekspor dan modern. Hal itu dikatakan Wali Kota H.M Syahrial saat menerima audiensi Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sumut Drs. Yulius Sacramento Tarigan beserta rombongan di rumah dinas Wali Kota, Kamis, (31/1).

"Terkait produk unggulan Tanjungbalai tentunya yang berhubungan dengan produk Ikan. Tentunya pemerintah optimis bisa bersaing dipasar modern lewat dukungan BPOM. Baik dari segi kemasan, jenis panganan maupun olahannya yang tentunya harus sehat, higienis dan bernilai ekonomi serta mampu bersaing di passar ekspor," ucap HM. Syahrial dalam kesempatan tersebut.

Sementara itu, Kepala BPOM Sumut Drs.Yulius Sacramento Tarigan dalam audiensi itu meyampaikan beberapa hal terkait kunjungannya ke kota itu diantaranya, implementasi terkait MOU Pemko Tanjungbalai dengan BPOM tentang rencana pembangunan kantor LOKA POM di Tanjungbalai. "Kunjungan kami ini sekaligus untuk mengangkat potensi produk unggulan dari daerah tersebut yang akan siap bersaing dipasar ekspor dan moderen serta pembentukan fasilitator yang nantinya akan bekerja dalam melakukan monitoring lapangan dan membantu pengawasan dan pengembangan obat dan makanan dalam memberikan perlindungan masyarakat dan peningkatan daya saing produk unggulan Kota Tanjungbalai, "sebutnya.

Kepala BPOM Sumut juga mengundang Wali Kota untuk menghadiri Rakernas POM yang akan diadakan di Kota Medan dan pembentukan tim terpadu pengawasan dan pengembangan obat dan makanan dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat dan daya saing produk unggulan serta program nasional terkait fasilitator pengembangan desa/kelurahan.

Menanggapi hal itu, Wali Kota H.M Syahrial mengatakan sangat mendukung berdirinya Kantor LOKA POM di Tanjungbalai. Karena hal itu merupakan sebagai langkah strategis antisifasi dini bagi masyarakat Tanjungbalai dan sekitar terhindar dari penyakit moderen yang saat ini banyak terjadi seperti Kanker, Ginjal dan sejenisnya.


"Dengan berdirinya Kantor Loka POM di Tanjungbalai yang saat ini belum memiliki bangunan permanen karena masih menyewa, pemerintah merasa terbantu sebagai wilayah yang memiliki tempat strategis yang berdekatan dengan wilayah perbatasan dan kabupaten lainnya, sehingga membantu melakukan pengawasan dan pemantauan obat dan makanan yang tidak layak diproduksi oleh masyarakat "anjungbalai dan sekitar, " jawab Wali Kota.

Ditambahkan lagi, Pemko Tanjungbalai optimis usai pertemuan itu akan mempercepat pelaksanaan program sinergitas pemerintah dengan POM yang disikronkan dengan pemerintah pusat sebagaimana harapan pemerintah setempat.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala LOKA POM Tanjungbalai Denny S Purba beserta Jajaran, Staf Ahli Bidang Hukum Fatwar Nur, para pimpinan OPD setempat. (laban/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini