Jokowi Skakmat: Saya Tahu Pak Prabowo Punya Lahan Besar di Kaltim dan Aceh

Editor: metrokampung.com

Jakarta-metrokampung.com
Capres nomor urut 1 Jokowi memberikan pernyataan skakmat terhadap Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dalam segmen kedua debat kedua Pilpres 2019, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (17/2/2019).

Hal itu terjadi saat Jokowi menanggapi pernyataan Prabowo mengenai strategi pemerintah untuk membagi-bagikan sertifikat lahan untuk rakyat.

Menurut Prabowo, program seperti itu justru tidak efektif karena bisa jadi, semua lahan di Indonesia nantinya tak lagi tersisa.

“Kami punya pandangan strategis, beda yang dilakukan Pak Jokowi dan pemerintahnya. Program itu menarik untuk satu atau dua generasi. Tapi masalahnya tanah tidak bertambah. Kalau bapak bangga membagikan 12 juta (sertifikat), 20 juta (sertifikat), nanti  pada saatnya tak punya lahan, bagaimana anak cucu kita?” tutur Prabowo.

Ia lantas menegaskan, ”Kalau kami, strateginya mengikuti Pasal 33 UUD 1945, bumi, air dan kekayaan alam dikelola oleh negara.”


Menanggapi Prabowo, Jokowi justru mengungkap lahan yang dikuasai oleh rivalnya tersebut.

”Rakyat indonesia, pembagian 2,6 juta sertifikat itu agar tanah-tanah kita produktif. Saya tak memberikan sertifikat ke yang besar-besar,” tuturnya.

”Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di KalimantanTimur sebesar 220 ribu hektare, dan di Aceh Timur 120 ribu hektare, bahwa pembagian seperti ini tak dilakukan masa pemerintahan saya.”

Prabowo yang mendengar pernyataan Jokowi hanya tersenyum tak bisa membalas, karena segmen tersebut diakhiri.(rel/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini