Kapolres Berharap Pesta Guro-Guro Aron Digelar Setiap Tahun di Deliserdang

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung.com
Untuk meningkatkan  silahturrahmi  seluruh warga  masyarakat Karo di Kabupaten  Deli Serdang  digelar  pesta  hiburan rakyat  kesenian Karo “ Gendang Guro-Guro Aron”   yang diprakarsai  PMS ( Pemuda  Merga Silima) dengan   menghadirkan perkolong-kolong  Rimta  Br Ginting, Sabrina Br Sitepu ,Batwin Ginting /Bejeng  dan Faisal  Tarigan  serta bintang tamu  Jusuf Bangun dan  Tah Polnang, Jum’at ( 01/02)  di Open Stage  Kompleks Perkantoran Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam.

Pesta Guro-Guro Aron  masyarakat Karo yang cukup meriah ini  dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang  H Zainuddin Mars, Kapolres Deli Serdang  AKBP Eddy Suryantha  Tarigan  SIK, Dandim 0204 DS  Letkol Kav Syamsul Arifin, Kadis Kominfo  Drs Haris Binar Ginting  dan OPD terkait lainnya, Ketua DPP  PMS  M Belin Sembiring  Brahmana,Ketua DPD  PMS Deli Serdang  Martin Luther Bangun, Tokoh Karo  Sangken Sembiring, para Camat  dan undangan lainnya.


Kapolres Deli Serdang  AKBP Eddy Suryantha  Tarigan SIK  ,sesepuh masyarakat Karo  menyampaikan terimakasih kepada  Pemkab Deli Serang yang  telah mendukung terlaksananya  pesta  hiburan rakyat  Guro-guro Aron   demikian juga  pengurus Merga Silima selaku  pelaksana kegiatan yang berlangsung cukup meriah   dalam  suasana kekeluargaan yang kali ini dipuastkan di Ibukota Kabupaten Deli Serdang  dengan   menghadirkan ribuan masyarakat  Karo di daerah ini  yang memang jumlah nya   pada data   statistk  mencapai 17 %  , tentu kegiatan  diharapkan dapat  memperkokoh  rasa kebersamaan  serta   melestarikan  hasanah  budaya  bangsa , khususnya  kesenian   masyarakat Karo  sebagai kontribusinya bagi pembangunan bangsa ini.


Edy Suryantha  juga mengatakan , pesta  Guro-guro aron ini  salah satu  seni budaya yang mengasikkan  yang selama ini   digelar di beberapa   Kecamatan  saja , karena itu  dengan  dilaksanakannya   pesta  Guro-guro Aron   di tingkat Kabupaten ini , kedepan  dijadikan  sebagai  kegiatan  kalender tahunan .


Dikatakan lagi  bangsa   Bangsa  memang   dihuni  berbagai  suku bangsa dan Agama  hidup rukun  dan damai   karena   saling toleransi dan menghargai  perbedaan ,  demikian juga di Kabupaten Deli Serdang   yang sejak dahulu  menjadi kebanggan kita ,  termasuk  masyarakat Karo  didalamnya . karena itu harus kita  pertahankan   terlebih dalam menghadapi pesta Demokrasi  besar  Pilpres dan Pileg yang  sebentar lagi  dilaksanakan  harus kita sukseskan ,  karena   saat ini banyak berita-berita  yang  tidak jelas sumbernya yang  menyebarkan isu  agama   dan membuat  ujaran kebencian,    harus kita  hindari. Tegas  Edy Suryantha.

Wabup H Zainuddin Mars,  mengatakan  patut kita  bersyukur  bahwa Kabupaten Deli Serdang  memiliki  keragaman  budaya   yang menjadi kekuatan kita didaerah ini “ bersatu dalam kebhinnekaan “ untuk  membangun Kabupaten Deli Serdang  lewat  nilai-nilai budaya  kegotong royongan  dan kekompakan yang telah diwariskan pendahulu kita .  Wabup juga mengatakan  bahwa  pesta Guro-guro  yang dilaksanakan  ini  sebagai salah satu bentuk tradisi  masyarakat  Karo  yang rutin dilakukan , memiliki arti  dan makna penting  karena disamping  sebagai forum  untuk  saling mengenal dan lebih mempererat  jalinan persaudaraan  bagi upaya  dalam menjaga  kelestarian dan mewariskannya  kepada  generasi penerus bangsa. Karenanya momentum  pesta guro-guro  ini  untuk  terus melakukan upaya pembinaan  seni budaya secara berkesinambunagn  selain sebagai hiburan  juga sekaligus  menumbuhkan  rasa kecintaan terhadap budaya  daerah sebagai  kearifan lokal  yang menjadi  kekuatan kita dalam membangun  Kabupaten Deli Serdang , seraya  mengajak seluruh masyarakat Karo  untuk  saling memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa  terlebih dalam mensukseskan   pesta Demokrasi Pilpres dan pileg yang  sudah diambang pintu. (dra/mk)




Share:
Komentar


Berita Terkini