Desa Sidourip Nominasi Terbaik Tingkat Nasional Kategori Lingkungan Bersih dan Sehat

Editor: metrokampung.com

Beringin - metrokampung. com
Ketua Tim Verifikasi PKK Pusat Ny. Endang Budi Martini dari kemenkes dan perwakilan TP PKK Provinsi beserta rombongan melakukakn verifikasi lapangan Kategori Pelaksanaan Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat nasional ,Selasa (19/3) di Desa Sidourip Kecamatan Beringin, untuk melakukan penilaian pelaksanaan program lingkungan bersih dan sehat oleh kader PKK setempat..Karena Desa Sidourip mewakili Provinsi Sumatera Utara dan masuk 6 besar ditingkat nasional.

Kedatangan tim ini diterima Ketua TPP PKK Deli Serdang Ny Hj Yunita Ashari Tambunan, Pengurus TP PKK Kabupaten,perwakilan OPD terkait, Camat Beringin  serta Muspika ,Ketua TP PKK Kec. Beringin beserta Anggota, Kades Sidourip beserta perangkat desa, Ketua TP PKK Desa Sidourip beserta Kader, tokoh agama,tokoh masyarakat dan Karang Taruna.


 Dalam Sambutannya Hj Yunita Ashari Tambunan  mengucapkan selamat datang kepada tim verifikasi PKK Pusat beserta seluruh rombongan di Desa Sidourip Kecamatan Beringin , Kabupaten Deli Serdang. Desa Sidourip Kecamatan Beringin ini merupakan Juara I Desa Pelaksanaan Lingkungan Besih Dan Sehat (LBS)PKK tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. Masyarakat di desa ini memiliki semangat unutk memberdayakan keluarga melalui pelaksanaan 10 program pokok PKK, secara khusus dalam melaksanakan Lingkungan Besih dan Sehat (LBS), dimana kami telah bekerjasama dengan dinas terkait melaksanakan penyuluhan serta menggerakan masyarkat agar disetiap rumha tangga  sudah mempunyai jamban sehat,menggunakan air bersih, mempunyai Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL),tempat pembuangan sampah agar sampah tidak berserakan, pemilahan sampah, mempunyai kartu sehat serta mempunyai lemari penyimpanan makanan yang baik, pemberantasan sarang nyamuk agar terhindar dari DBD dan bebas jentik..

Masyarakat desa dan tim penggerak PKK Desa Sidourip ini telah banyak melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dengan dukungan dari Kepala Desa selaku ketua pembina tim penggerak PKK Desa, dari pihak Kecamatan Beringin, TP PKK Kabupaten Deli Serdang dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang serta TP PKK Sumatera Utara. Namun tentunya masih terdapat kekurangan – kekurangan sehingga memerlukan pembinaan dan bimbingan dari tim verifikasi lapangan agar Desa Sidourip benar – benar dapat menjadi contoh kepada desa – desa yang lain khususnya di Kabupaten Deli Serdang.

Ketua tim PKK Pusat  Ny Endang Budi Martini menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat disini yang secara sungguh – sungguh telah melaksanakan berbagai program  gerakan PKK .Tujuan verifikasi itu lanjutnya, untuk mengecek langsung apakah data yang dilaporkan ke pusat tersebut, sama dengan data kondisi di lapangan. Selain mengecek langsung, tim penilai juga memperbanyak dialog dengan warga setempat. Serta bertujuan agar seluruh masyarakat di Indonesia bisa melakukan kebersihan lingkungan. Lomba ini akan memperebutkan penghargaan Pakarti Utama 1, 2, 3, dan Pakarti Madya 1, 2, 3.

Ditegaskan Ketua Tim Verifikasi sekarang ini Kabupaten Deli Serdang yang mewakili Provinsi Sumatera  Utara pada lomba LBS tingkat nasional, telah masuk nominasi enam besar. Artinya peringkat  keenam sudah di tangan. Selain Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara ada 5 Kabupaten/Kota Lainnya yaitu Kabupaten Merangin  Provinsi Jambi, Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat,Kabupaten Wonosoba Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Sleman Provinsi DIY, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung . Penyerahan hadiah Lomba Kategori Pelaksanaan LBS ini akan berlangsung Juli nanti di Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan.(dra/mk)



Share:
Komentar


Berita Terkini