Pemkab Samosir Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2020

Editor: metrokampung.com

Samosir,Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten di Hotel JTS Parbaba senin,(25/03/2019)Musrenbang dilaksanakan selama dua hari 25 s/d 26 Maret 2019.

Turut hadir Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Kadis Satuan Polisi Pamong Praja Propsu Anthony Siahaan, Pimpinan dan anggota DPRD Samosir , Sekdakab Samosir, Wakapolres Samosir, Pabung 0210 TU, seluruh pimpinan OPD, para  camat serta FKTM.

Musrenbang dimaksudkan untuk penyusunan rencana kerja Pemkab Samosir tahun 2020. Sebelumnya, musrebang tingkat kecamatan juga sudah digelar pada masing-masing kecamatan dan didapatkan usulan prioritas pembangunan. Usulan dari masing-masing kecamatan dibahas dan dirembukkan kembali dalam musrenbang tingkat Kabupaten. Musrenbang tingkat kabupaten ini akan menghasilkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020.

Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir Tahun 2020 menghadirkan Narasumber dari Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas RI, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kemen. PUPR, Direktur Utama BP. Badan Otorita Danau Toba, Kepala Balai Besar Jalan Nasional I Medan, Kepala Balai Sungai Sumatera II, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Kepala Dinas Tananman Pangan dan Holtikultura Prov.SU, Kepala BPS Kab. Samosir.

Musrenbang penyusunan RKPD 2020.

Musrenbang Kabupaten Samosir dibuka secara resmi oleh Gubsu yang diwakili Kadis Satuan Pol PP , Anthony Siahaan. Dikatakan, penyusunan RKPD Kabupaten Samosir harus terukur dan disepakati bersama.  Dengan demikian akan dapat mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera.

Gubsu mengharapkan penyusunan RKPD Kabupaten Samosir 2020  dapat nenurunkan angka kemiskinan, pengangguran serta dapat menguatkan kewira usahaan dan pendidikan.

Thema musrenbang 2019 ini adalah "Mendorong kemandirian masyarakat untuk memantapkan nilai tambah bidang pariwisata dan pertanian.

Dengan thema tersebut, Pemerintah Kabupaten Samosir  lebih memprioritaskan dan meningkatkan pembangunan di bidang kepariwisataan dan pertanian untuk kesejahteraan masyarakat Samosir.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengutarakan, perencanaan pembangunan baik dibidang  Sumber Daya Manusia, ekonomi dan infrastruktur harus didasarkan dan disesuaikan dengan  RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021.

Lebih lanjut dikatakan bahwa RKPD 2020 merupakan program prioritas pembangunan yang merupakan kebutuhan rakyat. Seluruh program tersebut juga harus disinkronkan dengan program dari pemerintah propinsi dan pusat sehingga program pembangunan tersebut saling mendukung.

sumber pemkab samosir_ (Hun's/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini