Berita Pemkab DS Buka Diklat Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bagi Guru SD dan SMP

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Diklat Peningkatan Kompentensi Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi guru SD dan SMP di lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019 dibuka  secara resmi Bupati Deli Serdang diwakili Asisten III.  H Jentralin Purba, SH. MH, dihadiri pimpinan OPD jajaran  Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, ditandai pengalungan   tanda peserta Diklat kepada dua  perwakilan peserta di Gedung Serba Guna Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Deli Serdang ,Kamis (18/4) Lubuk Pakam.

Pembukaan  Diklat ini diawali laporan Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi BKD Kab. Deli Serdang Sunardi, S.Sos, menjelaskan bahwa peserta Diklat diikuti 40 orang  selama 12 hari atau 110 jam pelajaran, guna menyiapkan guru inti dalam Zonasi Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan agar para guru dapat dan terus mengembangkan pembelajaran disekolah dengan model cara berpikir tinggi atau keterampilan berpikir tingkat tinggi/HOTS,serta dapat menghasilkan anak-anak berkemampuan berpikir kritis, keterampilan berkomunikasi baik, berkolaborasi, berpikir kreatif dan percaya diri dalam mempersiapkan milenium era.


Sambutan  tertulis Bupati yang disampaikan Asisten III  H Jentralin Purba  mengatakan dengan  terselenggaranya kegiatan diklat ini, mudah-mudahan materi yang nantinya akan disampaikan oleh para nara sumber selama mengikuti kegiatan diklat ini, dapat diserap, dipahami dan diimplementasikan dengan baik dan benar. Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau HOTS merupakan kegiatan yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran, yang didalamnya mencakup Critical Thinking, Colaborative, Creative dan Communicative (4C), dimana keterampilan ini sangat diperlukan oleh para peserta didik saat ini khususnya dalam menghadapi tantangan global.

Seiring dengan itu, maka sudah menjadi konsekwensi bagi setiap pendidik untuk dapat menjadi Fasilitator dan Motivator dalam peningkatan cara berpikir peserta didiknya,dan inilah yang menjadi alasan mendasar mengapa Diselenggarakan kegiatan diklat ini, yang tujuannya agar kompetensi professional guru semakin baik, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembelajaran berbasis HOTS. (dra/mk)


Share:
Komentar


Berita Terkini