BUPATI KARO HADIRI ACARA KUNJUNGAN TIM SUPERVISI TIM PENGGERAK PKK PROVSU

Editor: metrokampung.com

KARO – METROKAMPUNG.COM
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH hadiri Acara Kunjungan Tim Supervisi Desa Percontohan dan Desa Pelaksana Binaan PKK Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo, Senen  (01/04) pukul 10.00.wib.

Kunjungan Tim Supervisi Desa Percontohan dan Desa Pelaksana Binaan PKK oleh Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Karo ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan masukan kepada TP PKK Kabupaten maupun Kecamatan agar Desa yang menjadi Percontohan dan Binaan dapat memahami dan mampu melaksanakan maksud dari 10 Program Pokok PKK.

Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana dalam Laporanya menyampaikan TP-PKK Kab.Karo pada tahun 2019 melakukan Pembinaan 10 Program Pokok di 9 Desa dan 1 Kecamtan Percontohan dalam 10 Kategori sesuai surat keputusan Bupati Karo No: 414.4/062/DPMD/2019 tanggal 13 maret 2019 tentang Penetapan Desa Percontohan Binaan TP-PKK Kabupaten Karo  yaitu: 1. Desa Barung Kersap Kec. Munte Sebagai Desa Pelaksanaan Tertib Administrasi PKK, 2. Desa Suka Kec. Tiga Panah sebagai Pelaksana Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR),  3.Desa Kacaribu Kec. KabanjaheSebagai Desa Pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K),  4. Desa Gongsol Kec. Merdeka sebagai Desa Pelaksana Hatinya PKK,  5.Desa Ujung Payung Kec. Payung sebagai desa Pelaksana KB-Kesehatan,  6. Desa Kem-Kem Kec. Tigabinanga sebagai Desa Pelaksana Posyandu, 7. Desa Persadanta Kec. Barusjahe Sebagai Desa Pelaksana Lingkungan Bersih Sehat (LBS). 8. Desa Pancurbatu Kec. Merek sebagai Desa Pelaksana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), 9. Kecamatan Kabanjahe sebagai Kecamatan Pelaksana Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA)Test; dan 10. Desa Lau Solu Kec. Mardinding sebagai Desa Pelaksana PTP2WKSS.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutanya berharap dengan adanya Kunjungan Tim Supervisi Desa Percontohan dan Desa Pelaksana Binaan PKK oleh Tim Supervisi Provinsi Sumatera Utara ini dapat menyatukan Persepsi dalam indikator Penilaian yang menjadi Kategori dalam tujuan perlombaan.

Selain itu “Kepada Para Pimpinan OPD Selaku Tim Pembina Bagi Desa Percontohan dan Pelaksanaan Binaan PKK Kabupaten Karo, agar mendukung dan mempasilitasi Desa Percontohan serta menciptakan Koordinasi dan Kerjasama yang baik dalam Pelaksanaan Kegiatan ini nantinya, karena keberhasilan Kegiatan ini adalah tanggungjawab kita bersama” ujar Terkelin Brahmana.

Wakil Sekertaris III TP-PKK Provinsi Sumatera Utara Ny. Mutiara Sari Harahap menjelaskan bahwa Tim Penggerak PKK adalah mitra Pemerintah yang berfungsi sebagai Fasilitator, Perencana, Pelaksana, Pengendali kepada masing-masing jenjang untuk terlaksananya Program PKK.

Sejalan dengan itu, Tim PKK Provinsi Sumatera Utara setiap Tahunnya Menjalankan Supervisi Dengan mengunjungi 33 Kabupaten Kota Se-Sumatera Utara.

“Supervisi Bertujuan untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilaksankan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kota dalam membina Kecamatan, Desa dan Kelurahan dan pembinaan 10 Program Pokok PKK yang didukung oleh OPD Terkaitdan Mitra Lainya.


Pembinaan PKK yang Penting diperhatikan yaitu :  
A.Bidang Kelembagaan, di Bidang Kelembagaan Pembenahan harus terus dilakukan terkait berbagai aturan dan ketentuan gerakan PKK sesuai hasil Rakernas Ke- 8 Tahun 2015, B. Bidang Administrasi, Dibidang Administrasi Sistem Pendataan dalam Gerakan PKK Harus mengikuti sistematis yang baku, meliputi pendataan, pencatatan, pelaporan, dan pengarsipan terkait berbagai kegiatan demi terciptanya sistem informasi manajemen PKK yang baik, teratur lagi bertanggungjawab serta berkoordinasi, berintegrasidengan maksimal, C. Bidang Kelompok Kerja,  D. Bidang Penataan Fisik,  E. Bidang Penyuluhan dan Pelatihan dan F.Bidang Kemitraan.

itulah berbagai sasaran supervisi yang akan dilaksankan semoga nantinya dapat menjadi masukan dalam melengkapi kegiatan pembinaan yang telah ibu laksanakan, baik didalam Kabupaten maupun di Desa dan Kelurahan” ungkap Ny. Mutiara Sari Hrp.

Hadir dalam kegiatan tersebut, TP-PKK Provinsi Sumut beserta Rombongan, Sekda Kab. karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, M.Si, Para Asisten Setda kab. Karo, Pimpinan OPD, Para Camat Se-Kab Karo .(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini