KPU Batubara : Simulasi Pemilu 2019 Diharapkan Representasi Pungut Hitung Sesungguhnya

Editor: metrokampung.com

Lima Puluh  - Metrokampung.com
Guna merepresentasikan kejadian pada pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, KPU Batubara menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara,  dilapangan Bola Kaki depan kantor KPU Batubara , Jln Perintis Kemerdekaan No 63 Lima Puluh, Kamis (11/04).

"Hari ini kita sudah melakukan simulasi mudah-mudahan simulasi ini bisa merepresentasikan kejadian pemungutan suara sesungguhnya di TPS", tukas  Ketua KPU Batubara M Amin Lubis SHi melalui  Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Erwin S.Sos.


Dijelaskan Erwin, simulasi ini menggambarkan apa yang terjadi di lapangan nanti saat proses pungut hitung yang merupakan puncak dari seluruh  penyelenggaraan Pemilu 2019.

Erwin mengatakan, simulasi mendukung untuk mengukur tingkat teknis yang dirancang dengan persetujuan yang ada, termasuk untuk memahami kelemahan-kelemahan yang perlu perbaiki dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Ini bagian evaluasi guna memberikan pemahaman dan penekanan kepada KPPS, PPS dan PPK terkait beberapa perubahan dalam proses pemungutan dan penghitungan suara"katanya.

Suasana simulasi dibuat menggambarkan saat hari pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Simulasi tersebut diibaratkan mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00.

Mulai dari bangunan dan perlengkapan Tempat Pemungutas Suara (TPS), pengantaran logistik ke TPS, pendaftaran partisipasi, pengambilan sumpah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) oleh ketua KPPS, pembukaan  kotak suara, proses pencoblosan yang dilakukan pemilih, serta proses penghitungan suara. Simulasi  diikuti berbagai jenis pemilih yang tercantum pada  DPT, DPTb dan DPK.

Ditambahkan Erwin, setelah selesai pemungutan suara kemudian dilanjutkan dengan Simulasi rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di PPK yang dihadiri saksi Partai Politik.

Proses simulasi di TPS dan rekapitulasi ini diikuti dengan antusias para peserta yang terdiri dari Bawaslu, Saksi, PPK dan PPS se Kabupaten Batubara. Juga diikuti pimpinan stakholder Forkopimda Batubara  dan 16 pimpinan Partai politik  peserta Pemilu.

Selain simulasi pemungutan dan penghitungan suara, acara juga diisi dengan penandatanganan perjanjian Deklarasi Pemilu damai 2019.  (ebson ap/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini