Logistik Pemilu Didistribusikan, KPU Dan Bawaslu Siap Sukseskan Pemilu

Editor: metrokampung.com
Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang mengibaskan bendera pertanda pelepasan logistik Pemilu ke PPK. 

Dari kanan ke kiri, Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo, Ketua KPU Batubara M. Amin Lubis dan Ketua DPD KNPI Batubara Rafdinal Maliki.

Batubara - Metrokampung.com
Penyelenggara Pemilu di Kabupaten Batubara menyatakan kesiapannya mensukseskan Pemilu 2019.Ketua KPU Batubara M. Amin Lubis  menyatakan pihaknya siap mendistribusikan logistik Pemilu hingga ke TPS.

Hal itu disampaikan Amin Lubis saat pelepasan logistik Pemilu ke masing-masing PPK, Sabtu (13/04/2019).

Dikatakan Amin Lubis hari ini KPU melepas 11 truk logistik untuk 4 kecamatan yaitu Kecamatan Medang Deras, Sei Suka, Tanjung Tiram dan Sei Balai. Sedangkan 3 PPK lagi menyusul keesokan hari yakni Kecamatan Lima Puluh, Air Putih dan Talawi.

Selanjutnya dari PPK akan didistribusikan ke masing-masing PPS di Desa/Kelurahan pada 15 dan 16 April. Sedangkan pendistribusian ke TPS dituntaskan pada tanggal 16 April.

Mengenai formulir C6 atau undangan untuk memilih disebutkan Amin sudah mulai didistribusikan ke pemilih hari ini juga.

Terkait kesiapan KPPS dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara dikatakan Amin mereka telah diberi pembekalan dan pemahaman agar  dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo juga menyatakan kesiapannya mengawasi pendistribusian logistik Pemilu hingga ke TPS. Pihaknya juga akan melakukan pengawasan pendistribusian C6 sehingga seluruh pemilih mendapat undangan memilih.

Selain itu guna menjamin terselenggaranya tahapan Pemilu yang saat ini dalam tahap pendistribusian logistik hingga pemungutan suara dan penghitungan suara Ade Sutoyo menyatakan pihaknya melakukan pengawasan melekat dengan melibatkan seluruh Panwascam, PPL dan Pengawas TPS.

"Saat logistik diinapkan di PPK atau PPS sebelum didistribusikan, Panwascam dan PPL kita akan ikut melakukan pengawasan", terang Ade.

Meski begitu Ade berharap bila masyarakat melihat atau menemukan dugaan pelanggaran Pemilu agar segera melaporkannya ke Bawaslu atau Panwascam agar dapat ditindaklanjuti.

Ketua DPD KNPI Batubara Rafdinal Maliki, SE yang lebih akrab disapa Kiky ditempat yang sama berharap penyelenggara Pemilu di Kabupaten Batubara menjalankan tugasnya dengan baik.

Kiky menyadari tugas penyelenggara Pemilu sangat berat namun ditangan merekalah terletak kesuksesan Pemilu yang umum, bebas dan rahasia.

Senada Koordinator Divisi Hukum Gemkara Ahmad Yani, SH mengharapkan penyelenggara Pemilu bekerja berdasarkan asas Pemilu dengan mengedepankan profesionalitas dan kredibilitas.

" Kami  berharap penyelenggara Pemilu netral, tidak berpihak kepada salah satu peserta Pemilu. Kedepankan profesionalitas dan kredibilitas", harap Yani. (ebson ap/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini