Memasuki Minggu Tenang, Bawaslu Labuhanbatu Copot Puluhan APK

Editor: metrokampung.com
Pembersihan alat peraga kampanye (APK) Pemilu Serentak 2019 di Labuhanbatu.

Labuhanbatu-metrokampung.com
Memasuki masa tenang, seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatra Utara dibersihkan, Minggu (14/4/2019).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Labuhanbatu kordinator proses pencopotan alat peraga kampanye di daerah itu.Tak hanya Bawaslu, ada sejumlah pihak lain juga turut serta dalam pembersihan jalan dari APK yang tergabung Tim Gabungan terpadu.

Yakni, Bawaslu Labuhanbatu, KPUD Labuhanbatu, TNI/POLRI, Satpol PP, Kesbang Linmas Pemkab Labuhanbatu. Pembersihan yang diakukan ke seluruh APK calon Presiden (Capres) dan Cawapres Pilpres 2019, serta alat kampanye Caleg dan DPD se Labuhanbatu.

Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur Munthe dalam arahannya saat apel gabungan menyebutkan pencopotan dan pembersihan APK pada masa tenang, 14, 15 dan 16 April 2019 sesuai Amanat UU dan Peraturan Bawaslu RI No 28 tahun 2018 tentang pengawasan masa kampanye Pemilu 2019.

"Menjelang hari tenang jam 00 wib apapun alat peraga kampanye dilarang," ujarnya seraya menambahkan maka, dilakukan pembersihan alat kampanye dan alat peraga non kampanye.

Untuk efektivitas pembersihan APK, tim membentuk dua kelompok utama. Dengan masing-masing fungsi membersihkan APK mulai dari dua pintu masuk ke dalam kota Rantauprapat.

"Kita akan membagi dua tim. Pertama, dengan memulai dari Tugu Selamat Datang kawasan Kompi 126/KC. Dan Tim 2 dari Tugu Selamat Datang Sigambal," jelas Makmur.

Kemudian, tim menyisir sejumlah alat peraga kampanye di jalan-jalan protokol. Rencana fokus utama APK raksasa berbentuk baliho dan bando.

"Kita fokus pada jalan protokol. Sasaran banyaknya bilboard berbayar sebagai APK," ujarnya seraya mengingatkan personel tim agar menguta0makan menjaga keselamatan.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Aminullah Haris Nasution mengatakan APK yang pertama dibersihkan dengan posisi berada di pinggir jalan utama.

Meski demikian, kata dia, pantauan pihaknya sudah ada APK yang dibuka para pemiliknya. Jika dinihari, tim tidak tuntas melakukan pencopotan APK, akan dilanjutkan siang hari.

Kata dia, Satpol PP Labuhanbagu dibantu tim Satpol PP Propinsi Sumut dan sejumlah mobil LPJU milik Perumahan dan Permukiman (Perkim) Pemkab Labuhanbatu.

Pantauan di lapangan, tim gabungan tampak menurunkan puluhan APK yang berukuran besar. Untuk kelancaran tugas dan arus lalulintas, pihak Polantas melakukan buka tutup arus lalin. (TM/Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini