CALENDER EVENT HORAS SAMOSIR FIESTA RESMI MULAI

Editor: metrokampung.com
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga.

Samosir, metrokampung.com
Festival Gondang Naposo 2019 yang digelar di Pantai Pasir Putih Tandarabun Kecamatan Simanindo kabupaten samosir,sumatera utara secara resmi dibuka Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga,Jumat (31/5/2019).

Turut hadir Tim Calender Of Event Kementerian Pariwisata RI I Gusti Ngurah Putera dan Dusep Mulya, Ketua Komnas Perlindungan Anak Aris Merdeka Sirait, Polres Samosir, Sekda, para Staf Ahli, Asisten, pimpinan OPD dan Camat.

Bupati Samosir menyampaikan bahwa dilaksanakannya Festival Gondang Naposo merupakan rangkaian pertama pelaksanaan Calender Event Kabupaten Samosir tahun 2019 yaitu Horas Samosir Fiesta (HSF). Horas Samosir Fiesta telah tercatat dalam 100 Calender Of Event Wonderful 2019.

Festival Gondang Naposo merupakan event budaya yang dilakukan oleh muda/i (Naposo Bulung) untuk saling menyapa, mengenal dan mencari jodoh melalui tarian tortor gondang naposo sekaligus untuk mengembangkan dan melestarikan budaya batak.



Lebih lanjut Bupati menjelaskan sejalan dengan program Pemerintah Indonesia yang mendorong percepatan pembangunan sektor pariwisata di 4 destinasi super prioritas, dan Samosir sebagai kabupaten yang berbasis pada pariwisata dan pertanian sedang gencar- gencarnya melakukan promosi baik melalui media, pameran pariwisata maupun melalui event-event yang dikemas dengan menarik,hal ini dilakukan untuk mencapai target kunjungan 1 juta wisatawan mancanegara ke Sumatera utara serta meningkatkan perekonomian masyarakat lokal.

Kepada seluruh peserta Festival Gondang Naposo, bupati berharap agar seluruh peserta dapat menampilkan yang terbaik dengan semaksimal mungkin, bermain dengan rileks serta dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk saling berkenalan, menambah teman dan menambah wawasan akan budaya batak.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan, M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Festival Gondang Naposo dengan Thema " Akhirnya Ku Menemukan Mu". dengan tujuan Mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya melalui atraksi wisata, meningkatkan perekonomian masyarakat melalui efek multiplier dari pelaksanaan event, meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Samosir serta sebagai alat promosi pariwisata samosir yang efektif untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke danau toba-Samosir.

Ditambahkanya,Jumlah peserta di ikuti 25 Tim yang terdiri dari 10 tim dari dalam Kabupaten Samosir dan 15 tim dari luar Kabupaten Samosir. Festival Gondang Naposo akan dilaksanakan selama 2 hari yang diisi dengan perlombaan/festival, kuliner rakyat, pemilihan sidoli najogi dan siboru nauli ( pasangan ter-romantis) dan hiburan rakyat pada malam hari Jumat (31/5) yang dihibur oleh Marsada Band dan Sanga Pajumpang Feat Herlin Siboro dan pada malam kedua, Sabtu (01/6) sekaligus puncak acara akan menampilkan Hobasta Trio dan Band Naff dari Jakarta,"Papar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Daulat Nainggolan.

Event Festival Gondang Naposo, juga disponsori oleh PT Citilink Indonesia, Bank SUMUT, Bank BNI Hidro Coco.
(Join /Hun's)

Share:
Komentar


Berita Terkini