PLT BUPATI SALURKAN BANTUAN DAN JANJIKAN KEMUDAHAN PADA KORBAN KEBAKARAN SEI BROMBANG

Editor: metrokampung.com
Plt. Bupati Labuhanbatu  Andi Suhaimi Dalimunthe saat menyampaikan kata sambutanya.

Labuhanbatu, Metrokampung.com
Plt. Bupati Labuhanbatu salurkan bantuan serta janjikan semua kemudahan kepada masyarakat korban pasca kebakaran pemukiman penduduk Sei Berombang yang meluluh lantah 33 rumah penduduk dan memakan 4 korban jiwa, Kamis :(16/6/2019) yang terjadi pada 6/6 2019 lalu pada kunjungan keduanya di plataran Vihara Jayanti Sei Berombang.

Pada acara tersebut turut hadir Sekdakab Ahmad Muplih SH, Kepala Per-Bankan, Para Asisten, Kepala OPD dan Pengurus Lions Club Rantauprapat.


  • Plt bupati menyerahkan uang tunai pada anak sekolah korban musibah kebakaran Sei Berombang.

Dalam kata sambutannya P lt Bupati Andi Suhaimi ST.MT berjanji akan permudah semua urusan terkait percepatan pembangunan kembali rumah dan usaha para korban musibah kebakaran, seperti IMB hanya membayar retribusi, syarat-syarat lain yang diperlukan untuk urusan perkrediperkreditan, sertifikat, KK dan KTP. Dan telah memerintahkan camat segera membuat surat-surat itu kembali, demikian juga ijajah-ijajah yang hangus terbakar nanti kita tugaskan Dinas Pendidikan untuk mengurusnya,"tegasnya.

“Semua urusan surat-surat berharga akan kita bantu tanpa biaya.itulah janji saya pada masyarakat khususnya warga korban,"ucap Andi.

Selain itu Plt. Bupati Labuhanbatu juga meminta kepada perbankan untuk memberikan kemudahan pada korban pinjaman/ kredit guna membangun rumah, sertifikatnya nanti diurus belakangan demi percepatan pembangunan.

Serta berharap bantuan dari Provinsi maupun dari Pusat dapat segera dieluncurkan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,"paparnya.

Plt. Camat Panai Hilir Hadmansyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan jajaran pemkab labuhanbatu yang memberikan bantuan kepada warga masyarakat korban kebakaran, seraya memaparkan bahwa sampai tadi malam kami masih menerima bantuan dana sebesar Rp.300 Juta (6.5 juta untuk 30 KK) dari salah seorang pengusaha yang tidak ingin namanya disebut,seraya berdo'a semoga.

Bantuan yang diberikan hari ini menambah semangat bagi para korban dalam membangun rumah dan usahanya kembali, selain itu plt camat panai hilir juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur, OPD maupun Perbankan yang telah memberikan bantuannya,"tandasnya.

Sementara, Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Rantauprapat H. Sujendi atas nama Badan Musyawarah Perbankan daerah Labuhanbatu mengucapkan turut berduka atas musibah yang dialami bapak/ibu," ucapnya sembari melanjutkan kata bahwa kehadirannya juga memberikan bantuan kepada bapak/ibu, mudah-mudahan mampu meringankan beban dari bapak/ibu disini, serta menyatakan bahwa pihaknya mendukung percepatan pembangunan rumah dan usaha yang sudah terbakar serta membantu dari sisi modal usaha, Mendukung apa yang disampaikan oleh pak Bupati untuk ikut membantu dan mencarikan solusi apa yang harus dilakukan,"jelas Sujendi.

Kepala Dinas Sosial Labuhanbatu Sofyan Effendy Harahap, SP juga menyampaikankan, bahwa pemerintah kabupaten labuhanbatu memberikan bantuan pada korban kebakaran yaitu uang tunai sebesar Rp.150 Juta untuk pengadaan material bahan bangunan 30 rumah (Rp. 5 Juta/ rumah) per-rumah, serta  bantuan korban meninggal dunia sebesar Rp.30 Juta untuk 4 jiwa(Rp.7,5 Juta)

Selain itu dijelaskannya ada sejumlah bantuan lain dari para ASN (Setdakab, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para OPD dan Staf, Para Kabag) untuk 45 KK sebesar Rp.26.362.000,-, Bantuan dari Bank Sumut Cabang rantauprapat untuk 45 KK sebesar Rp. 10 Juta,  Bantuan dari BMPD (Badan Musyawarah Perbankan Daerah) Labuhanbatu untuk 45 KK beras sebanyak 800 Kg, Bantuan dari Lions Club Rantauprapat untuk 45 KK sebesar Rp.7 Juta, Bantuan Dinas Pendidikan untuk 45 KK khusus anak sekolah  Rp.50 Juta dan Bantuan dari BRI untuk 45 KK yaitu Beras 50 goni, Minyak Goreng 50 bungkus, Gula Putih 50 bungkus dan Mie Instans sebanyak 50 kotak," jelasnya.

Lebih rinci disampaikan Sofyan Effendy bahwa total bantuan uang yang diserahkan pada hari ini  sebesar Rp.277.000.000,- diketahui sebelumnya bapak Plt. Bupati Labuhanbatu telah menyerahkan sembako bagi korban musibah kebakaran berupa Beras sebanyak 1.350 Kg untuk 45 KK (30 Kg/KK) Mie Instans sebanyak 45 Kotak, Gula Putih 225 Kg, Bubuk Teh 45 Kotak dan Kain sarung 45 helai.
(MK/Rahmat Fjar Sitorus)


Share:
Komentar


Berita Terkini