Wabup Yusuf Siregar Tutup Manasik Calhaj Deliserdang

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung. com
Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar menutup manasik haji  bagi 602  Calhaj asal Deli Serdang 1440 H yang tergabung pada Kloter 16 dan 17 di Taman Pramuka Lubuk Pakam Jalan Tirta Deli Lubuk Pakam, Rabu (26/6).

 Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar,unsur Forkopimda, Staf Ahli,Kepala OPD, kakan Kemenag H Tholibun Pohan dan keluarga calhaj.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Kuran dan  dikumandangkan Talbiayah, sekaligus Wabup menepung tawari seluruh calhaj dan menyerahkan  bingkisan dan Tali Asih kepada seluruh peserta  Manasik  yang  berlangsung sejak Senin (24/6).




Wabup HMA Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan dengan selesainya rangkaian pembekalan dan pelatihan manasik haji ini,bukan berarti juga berhenti berlatih tentang tata acara pelaksanaan ibadah haji, namun sebaliknya para calon jamaah haji Kab. Deli Serdang harus berlatih dan menambah ilmu secara mandiri serta mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya gna menyempurnakan apa yang telah didapat selama mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji ini.

Saya ingin mengingatkan para petugas TPHD sebagai pembimbing calon jama’ah haji,agar dapat bekerja secara maksimal.Sebab tugas dan tanggung jawab saudara-saudara cukup berat tetapi mulia.Dan secara khusus kepada tim kesehatan agar benar-benar memperhatikan kondisi kesehatan setiap jama’ah dan dapat mengantisipasi secara cepat atas kemungkinan terjadinya kondisi kesehatan yang menurun menimpa para jama’ah selama menunaikan ibadah haji ke tanah suci.Saya Tidak ingin mendengar adanya keluhan para jama’ah haji kita yang dikarenakan kurangnya tanggung jawab para petugas,” tegas Wabup.

Sebelum mengakhiri sambutan ini,saya ingin berpesan kepada seluruh calon jama’ah haji untuk mendoa’akan seluruh masyarakat dan wilayah Kabupaten Deli Serdang terhindar dari segala bencana serta impian kita untuk mewujudkan Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan dapat kita realisasikan,"harap Wabup.

Sebelumnya  Ketua Panitia Pelaksana  kegiatan Manasik Haji, H Ahmad Qosbi dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan  manasik haji ini berjalan dengan baik dan tertib  demikian juga  pembekalan  berjalan sesuai dengan  yang di jadwalkan.Pada Tahun ini Kabupaten Deli Serdang memberangkatkan 602 jama’ah haji yang terdiri dari 243 laki-laki dan 359 perempuan dan akan diberangkatkan menjadi 2 gelombang/kloter. Yaitu kloter 16  jumlah jama’ah 388 0rang, masuk asrama haji Tgl 27 Juli dan terbang tgl 28 Juli 2019 menuju jeddah.Untuk Kloter 17 jumlah jama’ah  214 orang bergabung dengan jama’ah dari Kabupaten Madina dan Karo,masuk asrama haji 28 Juli dan terbang 29 Juli 2019 menuju jeddah melalui Bandara KNIA.

Dijelaskan juga bahwa calon jamaah haji tertua asal Deli Serdang yang berusia 89 tahun atas nama Bubi Bin Ruslan dari Kecamatan Hamparan Perak, sedangkan calon jamaah haji termuda berusia 19 Tahun atas nama Muhammad Rizaldi Ritonga Bin Drs Zainaluddin Ritonga dari Kecamatan Namorambe.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini