Wali Kota H.M Syahrial Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1Juni 2019 di Kota Tanjungbalai

Editor: metrokampung.com
Walikota Tanjungbalai H.M. Syahrial, SH.MH saat memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019 di Tanjungbalai.

Tanjungbala-metrokampung.com
Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH mengajak seluruh masyarakat agar mengimplementasikan nilai-nilai fundamental Pancasila, khususnya sila ketiga, Persatuan Indonesia.

Hal itu disampaikan saat menjadi Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Lapangan Balai Kota Tanjungbalai, Sabtu (1/6/2019) pagi.

Wali Kota H.M Syahrial membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Hariyono pada peringatan hari lahir Pancasila di Kota Tanjungbalai, "Sebagaimana yang sudah kita ketahui semua bahwa, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan ‘tanah air Indonesia.’ Kesatuan gugusan pulau yang berada di antara dua Samudra, Pasifik dan Hindia, serta di antara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah-air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan,” katanya.


Ia mengatakan, meskipun sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. “Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan,” tegasnya.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ”politik harapan’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,".

Walikota Tanjungbalai mengajak segenap komponen masyarakat Tanjungbalai bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan "Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1Juni  2019 ini, turut hadir Wakil Wali Kota Tanjungbalai Drs.H Ismail, Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Maralelo Siregar, Plh. Sekretaris Daerah Halmayanti, Perwakilan dari Kodim 0208/AS, Wakapolres Kota Tanjungbalai Kompol Edi Bona Sinaga,  Wadanki Subden 3/B Sat Brimob Sumut Iptu. Sakti Ilham Sutrisno, Personil TNI, Polri, ASN, OKP serta para Pelajar. (DANU/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini