Deliserdang Dinobatkan Sebagai Kabupaten Berprestasi Regional Sumatera

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam - metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang untuk kedua kalinya menerima Penghargaan sebagai Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) katagori Kabupaten berprestasi untuk regional/kawasan Sumatera.

Penghargaan TPID ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla kepada Wakil Bupati Deli Serdang H M Ali Yusuf Siregar pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2019 di Puri Agung Grand Sahid Jakarta yang dihadiri Menkoperekonomian sekaligus Ketua TPID Pusat Darmin Nasution,Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo,kementerian terkait,Gubernur,Bupati/Walikota se-Indonesia, Kamis (25/7), kata Asisten II dr.Aida Harahap melalui telpon selulernya.

Sementara itu Asisten II Setdakab dr Aida Harahap bersama Kabag Perekonomian Putra Jaya Manalu mengatakan penghargaan ini diterima karena berhasil mengendalikan harga bahan-bahan pangan penyumbang inflasi khususnya cabai merah sehingga menjadi faktor penyumbang rendahnya inflasi di sumut hanya sebesar 1,23% di tahun 2018 terendah secara nasional.

Dr Aida Harahap  juga menjelaskan bahwasannya penghargaan ini diraih tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak baik itu, Tim TPID Deli Serdang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Deli Serdang.

“Inflasi yang terkendali karena peran langsung Tim di daerah,adanya inovasi yang telah dilakukan, aktif dalam menjaga pasokan, kelancaran distribusi dengan bekerjasama dengan Bank Indonesia, Bulog, Pengembangan kluster cabai merah berkelanjutan dengan mendirikan Sub Terminal Agribisnis, optimalisasi peran bumd dalam memotong mata rantai distribusi bahan pangan dan penguatan UMKM serta keterjangkauan harga dan aktif dalam melakukan komunikasi.

Penghargaan ini suatu kebanggaan dengan beban berat dan tantangan bagi Kabupaten Deli Serdang untuk terus bersinergi antar seluruh OPD tanpa terkecuali di Deli Serdang dan menjadikannya motifasi untuk terus memberdayakan seluruh potensi  terutama Bumdes dan BUMD serta anggaran yg ada baik APBD kabupaten,APBD Provinsi serta APBN.utk mewujutkan visi Deli Serdang maju,sejahtera dengan masyarakatnya religious dan rukun dalam kebhinekaan” ujar Asisten II Setdakab.

Pada kesempatan lain Kabag TU dan Pimpinan Ari Mulyawan menambahkan adapun Kabupaten/Kota dan provinsi yang menerima Penghargaan TPID untuk Kabupaten berprestasi untuk Wilayah Sumatera diraih Kabupaten Deli Serdang, Wilayah Jawa-Bali diraih Kabupaten Badung, Wilayah Kalimantan diraih Kabupaten Mahakam Ulu, Wilayah Sulawesi diraih Kabupaten Pohuwato, Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua diraih Kabupaten Lombok Barat.

Untuk Kota dengan TPID terbaik Wilayah Sumatera diraih Kota Tanjung Pinang, Wilayah Jawa-Bali diraih Kota Kediri, Wilayah Kalimantan diraih Kota Samarinda, Wilayah Sulawesi diraih Kota Palopo dan untuk Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua diraih Kota Mataram.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada Provinsi dengan TPID terbaik untuk Wilayah Sumatera diraih Provinsi Bengkulu, Wilayah Jawa-Bali diraih Provinsi DKI Jakarta, Wilayah Kalimantan diraih Provinsi Kalimantan Timur, Wilayah Sulawesi diraih Provinsi Gorontalo dan untuk Wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua diraih Nusa Tenggara Barat (NTB).(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini