Nias Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 SR

Editor: metrokampung.com


Nias Utara-Metrokampung.com

Gempa bumi berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR), mengguncang Kabupaten Nias Utara, Selasa (09/07/2019) sekira pukul 19.08 WIB lalu.

Dari hasil analisis Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG), menunjukkan informasi awal gempa bumi ini terletak pada koordinat 1.24 LU dan 96.94 BT, atau berlokasi di laut, 51 km Barat Daya Nias Utara, Sumatera Utara pada kedalaman 25 km.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal,” ujar Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, Selasa (09/07/2019) malam lalu.

Gempa itu, lanjut Edison lagi, akibat dari aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia yang berada di Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera.
"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera," ujarnya.

Ditambahkan Edison lagi, gempa dirasakan sampai Kota Gunung Sitoli. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.
"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BBMKG menunjukkan tidak ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).
“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkas Edison, mengakhiri. (bbs/mk/fit)
Share:
Komentar


Berita Terkini