Presiden Jokowi Kunjungi The Kaldera Sigapiton Tobasa

Editor: metrokampung.com

Tobasa-Metrokampung.com
Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan,   Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubsu Edy Rahmayadi beserta ibu,  sangat terkesan dalam kunjungannya pada The Kaldera Sigapiton Kabupaten Tobasa, selasa (30/7/2019).

Keindahan Danau Toba tak henti-hentinya memukau Presiden Joko Widodo. Pada kunjungan kerjanya di Danau Toba, seluruh destinasi yang ada dieksplore habis. Termasuk juga The Kaldera Nomadic Escape yang dikunjungi pada hari kedua kunjungan kerjanya.



Sebuah destinasi kelas dunia yang dikembangkan oleh Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT). Lokasinya ada di lahan Zona Otorita Pariwisata Danau Toba Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa).

“Alhamdulillah Bapak Presiden dan Ibu Iriana sangat terkesan dalam kunjungannya di The Kaldera Nomadic Escape. Diluar dugaan hingga 1 jam Bapak Presiden beserta Rombongan berada di destinasi ini,” kata Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo,”

Presiden beserta rombongan tiba di Kaldera pukul 12.10 WIB. Setibanya disana, Jokowi langsung duduk menikmati hamparan indahnya Danau Toba dan perbukitan. Mantan Wali Kota Solo ini duduk di kursi besi dilengkapi dengan mejanya.

Sementara itu, beberapa menteri terkait, Direktur BODT Arie Prasetyo dan Gubsu Edy Rahmayadi, Bupati Tobasa Darwin Siagian, para Bupati Kawasan Danau Toba mengelilingi Jokowi membahas potensi wisata di Kaldera.

Disisi lain, Ibu Negara Iriana asik menunggu Jokowi yang tengah rapat ditemani istri Gubernur,  Ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian seraya menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian.

Wajar jika Presiden Jokowi terkesan, pasalnya The Kaldera Nomadic Escape bukanlah destinasi biasa. berdiri di kawasan The Kaldera Resort seluas 386,7 hektar, destinasi ini menawarkan sebuah petualangan di tengah indahnya Danau Toba. Fasilitasnya lengkap, super seru dan pastinya kekinian.

Ada juga Kaldera Ampiteathre, dengan kapasitas 250 orang, Kaldera Plaza, Kaldera Stage, Kaldera Hill, dan juga toilet. Tidak hanya itu, The Kaldera juga memiliki cabin dari kaca. Dimana ketika pagi hari, pengunjung dapat langsung melihat matahari pagi yang menyinari perbukitan.

“The Kaldera memiliki view yang mempesona. Dari lokasi, kita bisa melihat indahnya Desa Wisata Sigapiton yang berlokasi di lembah di bawah The Kaldera, diapit bukit di kanan dan kiri dengan pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir di kejauhan.

Udaranya sejuk khas pegunungan, Presiden Jokowi terkesan sangat betah di sini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya yang meresmikan langsung The Kaldera Nomadic Escape pada 4 April 2019 lalu.

Soal lokasi, destinasi ini juga sangat strategis. Lokasi The Kaldera tidak terlalu jauh, posisinya hanya 20 menit dari Parapat, atau sekitar 1 jam 30 menit dari Balige.

The Kaldera juga berjarak 2 jam dari Bandara Silangit dan hanya 10 menit dari Bandara Sibisa. Apalagi sebentar lagi Bandara Sibisa juga akan dikembangkan untuk mendukung pariwisata Danau Toba. Run way bandara tersebut akan diperpanjang dari 1.200 meter menjadi 1.900 meter.

“Dengan itu, bandara ini bakal bisa didarati pesawat dengan ukuran ATR-72. Tentunya The Kaldera Nomadic Escape akan semakin mudah dijangkau,” pungkas Menpar Arief. (t/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini