Bawaslu Gelar Upacara HUT RI Ke 74 Berjalan Hikmat dan Tertib 

Editor: metrokampung.com
Ade Sutoyo, SP dan Allen Sitohang saat Apel HUT RI serta HUT Bawaslu ke 1.

Batubara, Metrokampung.com
Badan Pengawas Pemilu  (Bawaslu ) seluruh pimpinan serta jajaran seketariat Kabupaten Batubara Gelar Apel upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di halaman bawslu Simpang Marsam desa sumber Padi kecamatan Datok limapuluh Kabupaten Batubara. Sabtu  (17/08) Apel yang di gelar Bawaslu berlangsung dalam suasana hikmat dan tertib.

Apel peringatan HUT RI ke-74 ini di pimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo, S.P. selain itu juga di hadiri oleh anggota Bawaslu Abdillah S.Pd.I dan Allen Sitohang, S.Si serta seluruh staf Sekretariat Bawaslu Batu Bara.


Ketua bawaslu RI Abhan dalam pidato tertulisnya yang di bacakan oleh Ade Sutoyo, S.P ketua bawaslu Kabupaten batubara menyampaikan bahwa Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu merupakan bagian penting dari perjalanan demokrasi bangsa. Meskipun kehadiran Bawaslu baru dimulai 11 Tahun yang lalu, namun semangat untuk memimpin dan mengawasi pemungutan suara (Pemilu) sebagaimana pernah disampaikan Presiden Republik pertama, Ir. Soekarno, perlu dibangun dalam satu organisasi yang kuat dan mandiri.

“Saya ingin mengajak kita semua meneguhkan semangat pendiri bangsa Indonesia, bahwa pengawasan Pemilihan Umum merupakan amanah luhur dalam mengawal demokrasi yang maju bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Swlanjutnya organisasi pengawas Pemilu membutuhan sumber daya manusia yang unggul. Sumber daya manusia dari jajaran pimpinan sekretariat Bawaslu yang berintegritas dan profesional. Dan mengutip pesan dari Proklamator RI, Moehammad Hatta, bahwa “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.”

Dari pesan tersebut, maka dapat direnungkan jika Bawaslu harus diisi dan dikembangkan oleh orang-orang yang jujur, berintegritas dan profesional dalam perannya memajukan demokrasi bangsa Indonesia.

“Apabila sumber daya manusia Bawaslu kita kurang cerdas, maka kita harus belajar. Apabila sumber daya manusia Bawaslu kita kurang cakap, maka kita tingkatkan dalam pengalaman pengawasan Pemilu dan penegakan hukum Pemilu. Namun apabila sumber daya manusia Bawaslu kita tidak jujur, maka kita akan sulit memperbaikinya dan bahkan akan merusak demokrasi Indonesia,” tambah Ade Sutoyo.

Amatan Metrokampung com usai menggelar apel peringatan HUT Ri ke -74  segenap pimpinan dan seluruh staf kesekretariatan bersalam-salam. Bahkan dilanjutkan kepada sesi foto dan potong Kue untuk turut serta merayakan HUT Bawaslu Periode 2018-2023 yang ke-1, peringatan yang diikuti dengan penuh semangat kemerdekaan.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini