Bupati Ashari Tambunan Hadiri Peran SAKIP dan Penyusunan Laporan Kinerja

Editor: metrokampung.com

Bt Kuis, metrokampung.com
Untuk mendorong peningkatan kualitas kinerja instansi pemerintah Kabupaten Deli Serdang yang terdiri dari lima komponen "SAKIP " yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kerja,Evaluasi kinerja dan Capaian kinerja, maka digelar acara rapat Peran "SAKIP" dan Penyusunan Laporan Kinerja Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, yang dihadiri oleh Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan, acara tersebut di laksanakan di Prime Plaza Hotel Kualanamu, Kamis (15/8).

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang di rancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka mempertangung jawabkan dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.



Diawali laporan oleh Ketua panitia Kabag Orta Ir. Remus Hasiholan P. M.Si menyampaikan,melihat pentingnya penyelenggaraan Sakip yang merupakan pengendalian serta evaluasi pelaksanaan pembangunan di pemerintahan Kabupaten Deli Serdang,maka kondisi yang ada pada saat ini adalah "SAKIP" belum terbangun secara sempurna, kelemahan dalam indikator kinerja yang seharusnya dapat dijadikan untuk menilai keberhasilan atau kegagalan instansi pemerintah belum terwujud dengan baik.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan pada kata Sambutannya menyampaikan, dalam rangka rapat Implementasi pransistem atau stabilitas kinerja instansi pemerintah atau Sakip, dan Penyusunan laporan kinerja tahun 2019,  kita menyadari sedalam-dalamnya bahwa berdasarkan hasil evaluasi sistem kinerja instansi pemerintah yang kita lakukan selama ini hasilnya belum membesarkan kami, dikarenakan masih rendahnya tingkat  efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran ditambah lagi budaya kerja kita para penyelenggara birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan berorientasi pada hasil yang ada di pemerintahan Kabupaten Deli Serdang belum sepenuhnya sebagai mana yang di harapkan.

Hal ini dapat di buktikan  berdasarkan  hasil evaluasi kita hanya mendapat  peringkat "CC" dengan nilai 52,78 tentunya kondisi yang demikian ini harus menjadi perhatian kita bersama untuk dicarikan akar permasalahan serta langkah - langkah apa saja yang harus kita lakukan untuk mengatasinya.

Faktanya pemerintah pusat melakukan penilaian terhadap apa  yang kita lakukan selama ini, hasil penilaian itu adalah bahwa kinerja kita belum mencapai hasil seperti  yang harapkan pemerintah pusat, artinya tentu saja tidak sejalan juga dengan hasil kinerja yang kita harapkan, dengan kata lain pemerintah pusat bahwa  menilai kinerja kita selama ini belum memberikan hasil yang optimal bagi pemenuhan janji - janji kepala daerah, dengan kata lain kinerja kita belum optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Deli Serdang. "Ujar Bupati H Ashari Tambunan.

Hal senada disampaikan juga oleh asisten Deputi Pelaksanaan Koordinasi Pemerintahan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan pengawasan wilayah I ,Kamaruddin AK, M.Sc,mengatakan"  tentunya harapan kita dari pertemuan ini bisa memberikan hasil sebaik-baiknya bagi kita semua, tentu saya secara pribadi ingin agar Deli Serdang ini bisa lebih baik. "Ucap Kamaruddin.

Diakhir acara pada rapat tersebut Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan juga menyerahkan  Pelakat kepada Asisten Deputi Kamaruddin AK. M.Sc.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini