Bupati Langkat Buka Kegiatan Fasilitasi Satgas PPA Seluruh Perempuan dan Anak Harus Terlindungi

Editor: metrokampung.com
Foto Bersama : Seusai meninjau ruang sidang Ramah Anak, Bupati pun foto bersama.

Langkat- MetroKampung.Com
Bupati Langkat Terbit Rencana PA membuka kegiatan Fasilitasi Tim Pelaksana Forum PPA (Satuan Tugas Perlindungan Perempuan dan Anak / Satgas PPA), di Aula Kantor Pengadilan Negeri Stabat, Senin (5/8). Pada arahan dan bimbingannya, Bupati menerangkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 lalu, yang bertujuan untuk mempererat koordinasi dari seluruh Stakeholder dalam penanganan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak di Kabupaten  Langkat.

Karena itu, Bupati berharap agar dengan adanya sinergisitas dari seluruh Stakeholder yang ada di Kabupaten Langkat, baik dari unsur Pemerintah, aparat penegak hokum serta lembaga dan organisasi – organisasi lainnya, maka  ke depannya, perempuan dan anak yang ada  di Kabupaten Langkat  menjadi terlindungi  dan terpenuhi hak- haknya.  

“Kiranya pertemuan ini melahirkan komitmen, bagi kebaikan, perhatian terhadap perempuan dan anak, khususnya di Langkat, sebab meraka adalah pilar yang sangat berperan penting dalam proses pembangunan. Perempuan merupakan tiang negara yang menjadi penyangga kekuatan bangsa, karena padanyalah terletak keberhasilan dalam membina dan mendidik anak- anak, sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Sedangkan anak,  adalah potensi masa depan, sehingga jaminan rasa aman dan nyaman, harus didapat, bukan saja dari orang tua, lingkungan masyarakat sekitar dan lingkungan sekolah, tapi juga dari aparat penegak hukum dan Pemerintah.

“Oleh sebab itu, kita perlu memberikan perhatian dan perlindungan kepada perempuan dan anak, agar terhindar dari segala bentuk tindak kekerasan,”pungkasnya.

Selama ini Pemerintah Kabupaten Langkat terus berupaya untuk mewujudkan Langkat menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA). Dimana upaya tersebut, membuahkan hasil dengan memperoleh penghargaan KLA Tingkat Pratama, pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 di Makasar.

Ketua Pengadilan Negeri Stabat, Efendi, dalam kesempatan yang sama mengucapkan  terima kasih kepada Bupati Langkat, atas kepercayaannya melaksanakan kegiatan itu di Pengadilan Negeri Stabat. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat memotivasi dan meningkatkan semangat seluruh pihak terkait, untuk lebih bekerja keras dalam mengayomi perempuan dan anak.

“Semoga dengan semangat itu,  ke depan seluruh bentuk kekerasan kepada perempuan dan anak, tidak terjadi lagi di bumi bertuah ini,” ujarnya.  

Sedangkan Kadis PPKB dan  PPA Langkat, Hj. Purnama Dewi Tarigan, pada laporannya mengatakan pelaksanaan ini berdasarkan keputusan Bupati Langkat No: 463-19/K/2019 tanggal 16 april 2019 tentang Satgas PPA Kabupaten Langkat 2019.  Kegiatan itu diikuiti oleh 39 orang yang terdiri dari unsur penegak hukum, unsur lembaga dan istansi terkait.

“ Ya, sedangkan narasumbernya dari hakim Pengadilan Tinggi yang juga anggota Pokja  Perempuan dan Anak Mahkaman Agung RI, Albertina,”sebutnya.

Usai kegiatan, Bupati beserta rombongan dan pihak terkait, bersama-sama meninjau ruang sidang dan tahanan sementara Pengadilan Negri Stabat, untuk anak di bawah umur. Turut hadir Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Kepala Kejaksaan Negeri Langkat,  Kapolres Langkat,  Kapolres Binjai, Sekdakab beserta Pimpinan OPD Pemkab Langkat, para peserta kegiatan beserta para tamu dan undangan lainnya. (BD/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini