HUT RI Ke-74, 835 WBP Lapas Pulau Simardan Dapat Remisi dan 2 Bebas

Editor: metrokampung.com
REMISI : Wali Kota HM Syahrial didampingi Kalapas Jayanta mengucapkan selamat kepada 835 Napi yang mendapat remisi hukuman pada pelaksanaan upacara peringatan HUT RI Ke-74 di Lapas Klas IIB Pulau Simardan Tanjungbalai, Sabtu (17/8).

Tanjungbalai, metrokampung.com
Sebanyak 835 Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Pulau Simardan mendapat remisi di hari ulang tahun HUT RI ke 74 tahun 2019. 2 orang WBP diantaranya langsung bebas. Remisi itu dibacakan Kalapas Jayanta sesuai keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No: 965.PK.01.01.02 tanggal 17 Agustus 2019 pada saat upacara perayaan HUT RI ke 74 yang dihadiri Wali Kota HM. Syahrial di lapangan Lapas Pulau Simardan, Sabtu (17/8).

" Sebanyak 835 orang dari 1482 WBP Lapas Pulau Simardan mendapat remisi di hari ulang tahun ke 74 kemerdekaan RI dan 2 Napi diantaranya yang langsung bebas, " ujar Jayanta kepada wartawan usai pelaksanaan upacara.

Dijelaskan Jayanta bahwa remisi yang diberikan itu yakni 93 WBP mendapat remisi 1 bulan, 106 dengan remisi 2 bulan, 250 dapat remisi 3 bulan, 226 orang mendapat remisi 4 bulan, 150 orang mendapat remisi 5 bulan dan 8 WBP mendapat remisi 6 bulan. Untuk yang bebas langsung 2 orang.

"Jumlah narapidana yang diusulkan 913 orang, namun yang turun remisi nya masih 833 ditambah 2 yang langsung bebas. Sedangkan yang belum turun 46 orang dan yang menjalani subsider sebanyak 32 orang, " sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Jayanta, pemberian remisi hukuman ini setelah melakukan peninjauan dari berbagai aspek. Salah satunya adalah warga binaan yang berkelakuan baik selama masa pembinaan. Dan juga dengan melihat berbagai aspek penunjang, yaitu perilaku warga binaan, sisi pidana dan secara regulasinya memenuhi syarat.

"Sementara untuk jumlah WBP yang menghuni Lapas Klas II-B Pulo Simardan Tanjungbalai saat ini sebanyak 1482 orang, dengan rincian status narapidana dewasa pria 1128 orang, dewasa wanita 67 orang, sedangkan status tahanan dewasa pria 287 orang dan dewasa wanita 3 orang, "pungkas Jayanta.

Sebelumnya Walikota HM Syahrial pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Narapidana yang mendapat remisi. "Bagi Napi yang belum mendapatkan terus tingkatkan kedisiplinan dan kepatuhan peraturan Lapas ini, sehingga pejabat di lingkungan dapat menilai yang terbaik buat para warga binaan semua, pungkasnya.

Upacara peringatan HUT RI ke 74 kemerdekaan RI dilapas tersebut diakhiri penyerahan remisi oleh Walikota Tanjungbalai HM. Syahrial didampingi Kalapas Klas II-B Pulo Simardan Jayanta kepada para narapidana warga binaan pemasyarakatan.(RS/MK)
Share:
Komentar


Berita Terkini