Pemkab Deliserdang Gelar Musrenbang Tahun 2019-2024

Editor: metrokampung.com

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deli Serdang menggelar  Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah  (RPJMD) Tahun 2014-2019  sebagai forum  musyawarah  antara para pemangku kepentingan untuk membahas dan  mendapatkan masukan serta komitmen sebagai bahan  penyempurnaan  Rancangan RPJMD, menjadi  rancangan akhir RPJMD.

Musrenbang yang dipusatkan di Prime Plaza Hotel, Selasa (13/8/2019)   dibuka Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan,juga   dihadiri, Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH,M.Hum , Ketua Pengadilan Negeri  Lubuk Pakam Sohe SH,MH,Wakil Ketua  DPRD Deli Serdang Timur Sitepu beserta  anggota,Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari Tambunan,Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar ,Unsur FKPD, Rektor Unimed dan IAIN Sumut, perwakilan  Pemerintah Kota dan Kabupaten terdekat,  para Asisten,Staf ahli , Pimpinan SKPD,Kabag , para Camat,  Wartawan, Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Kabupaten Deli Serdang.



Kepala Bappeda Deli Serdang Ir M Haris Pane  menjelaskan Musrenbang yang berlangsung satu hari penuh itu  menghadirkan  Narasumber diantaranya  Wahyu Ario Pratomo,SE,MEC bertemakan  Pembangunan ekonomi daerah  yang memiliki daya saing, Prof.Dr. Ir.Johanes Tarigan,  bertemakan  Pembangunan Infrastruktur daerah, dalam mendukung pembangunan wilayah yang berdaya saing dan Drs Heru Santoso,MS Ph.D tentang peningkatan derajad kesehatan masyarakat yang berkualitas.

Pada pembukaan Musrenbang ini, Bupati H Ashari Tambunan  mengatakan  bahwa pelaksanaan musrenbang  RPJMD ini dalam rangka memenuhi aturan yang telah di tetapkan dan merupakan salah satu alur dari tahapan perencanaan pembangunan yang harus di laksanakan , serta mempunyai arti yang sangat penting dalam keberlanjutan pembangunan Kabupaten Deli Serdang  5 (LIMA) tahun kedepan . keberhasilan pembangunan tidak terlepas dari peran pemangku kepentingan  dalam memberikan saran dan masukan yang fokus pada kebutuhan dan bukan dilandasi oleh keinginan.

Karenanya kepada kita semua  terutama kepada segenap aparatur di lingkungan Pemkab Deli Serdang, bahwa kita memiliki tugas utama yaitu : Melajutkan , meningkatkan, serta memantapkan pembangunan di Deli Serdang. Melanjutkan memiliki makna bahwa berbagai  Program-program pembangunan  yang  sudah baik  atas nama pemerintah Kabupaten Deli Serdang, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada saudara-saudara sekalian yang hadir pada hari ini.

Secara khusus , saya juga menyapaikan apresiasi  saya kepada tim penyusun yang di pimpin oleh saudara sekretaris daerah,  Yang telah berupaya semaksimal mungkin menyusun rancangan dokumen awal  RPJMD yang akan kita musyahwarahkan pada pertemuan ini, semoga kiranya Allah Swt memberikan rahmat dan hidayahnya, sehingga acara ini berjalan dengan baik, dan kehadiran kita semua bisa meberikan manfaat yang besar terhadap pembangunan Kabupaten Deli Serdang yang kita banggakan ini. Kata Bupati Ashari Tambunan.

Semangat inilah kata Bupati yang melatari dilahirkannya Visi “Deli Serdang Yang Maju , Sejahterah dengan Masyarakatnya yang Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan”, yang akan kita capai melalui misi : Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas,Pengembangan wilayah dan Pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, Membangun perekonomian yang kokoh dan berkeadilan,Meningkatkan kualitas kehidupan beragama ,Peran sosial  kemasyarakatan dan budaya daerah, serta meningkatkan kinerja kelembagaan pemerintah, Profesionalisme kondisi aparatur dan supremasi hukum.

Menurut paparan, Prof.Dr. Ir.Johanes Tarigan   tentang  pembangunan Infrastruktur dalam mendukung pengembangan wilayah mengatakan  bahwa Infrastruktur sangat  berpengaruh  terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi serta sekaligus akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia. Indonesia memiliki peringkat ketersediaan infrastruktur yang amat  rendah, termasuk  kondisi jaringan jalan  karena pemerintah  tidak dapat menyediakan yang cukup. Tetapi pada RPJM Kabupaten Deli Serdang telah mengadopsi peran pentingnya  infrastruktur  untuk  pengembangan wilayah, sehingga  kalau dapat  terealisasi, maka kemajuan Kabupaten Deli Serdang ini akan menjadi kenyataan.(dra/mk)

Share:
Komentar


Berita Terkini