Bupati Batu Bara H. Zahir, MAP: Pers di Minta Tingkatkan Literasi Informasi

Editor: metrokampung.com
Bupati Batu Bara, Zahir yang di wakili Plt. Kadisdik, Ilyas Sitorus, tengah batik,saat menutup kegiatan Uji Kompetensi Wartawan angkatan 26-27 tahun 2019. bersama Direktur UKW Pusat, Dr. Rajab Ritonga, kanan,  Ketua PWI Sumut, Hermansyah. Kiri, Tim Juri, Manager Humas PT. Inalum Huru dan Ketua PWI Kabupaten Batu Bara, Alfian serta peserta UKW. 

Batubara, Metrokampung com
Bupati Batubara Ir.H.Zahir, MAP menutup acara peserta ujian kompetensi wartawan bertempat di Aula MHP Tanjung Gading Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Minggu (15/09).

Turut hadir pada acara penutupan Ketua PWI Pusat yang diwakili Direktur UKW Pusat Dr. Rajab Ritonga, Ketua PWI Sumut Hermansyah, Manager Humas PT Inalum Bambang Heru Prayoga, dan Para penguji seperti Dedy Syahputra (Penguji/Medan), M. Syahrir (Penguji/Medan), Djunaedi Tjunti (Penguji/Jkt), Firdaus Baderi (Penguji/Jkt), Rajab Ritonga (Penguji/Jkt), Nizwar (Penguji/Lampung), Fathurrahman (Penguji/Kalsel), Ketua PWI Kabupaten Batu Bara Alfian serta Panitia dari Pusat maupun Provinsi Sumatera Utara.

Ketua PWI Pusat yang di hadiri langsung olehDirektur UKW DR. Rajab Ritonga menjelaskan  bahwa berdasarkan UU 40 Tahun 1999 bahwa sarana dan saluran resmi alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas adalah media massa.



karena menurutnya bahwa fungsi media itu disamping sebagai pelaku media informasi juga fungsi pendidikan fungsi hiburan dan fungsi kontrol sosial, tambahnya, oleh karenanya refferensi UU Pers seperti UU No 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektranik, UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, UU No 40 tahun 1999 tentang Pers dan UU No 32 Tahun 2002 tentang penyiaran. dalam penulisan berita harus memuat fakta di dalamnya terkandung 5W + 1 H, "ujarnya.

Ketua PWI Sumatera Utara, Hermansyah menyampaikan, UKW merupakan kebijakan Dewan Pers guna meningkatan profesionalitas wartawan. Dengan dilaksanakannya UKW  pemerintah ikut serta dalam mensukseskan program ini.

Saya apresiasi sekali lagi kepada Pemkab Batubara yang pada saat pembukaan Pak Bupati Ir Zahir.MA Langsung menyampaikan akan mengganggarkan kembali kegiatan uji Kompetensi wartawan ini tahun depan, apa lagi tadi juga ada saran agar kegiatan yang akan datang di kemas sedemikian rupa sehingga ada kegiatan sosial lainnya dengan melibatkan siswa/pelajar maupun keluarga besar Persatuan Wartawan Indonsia (PWI), tambahnya.

Ketua PWI Kabupaten Batu Bara, Alfian dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah lama di impikannya, namun baru tahun ini terwujud. terimakasih kepada Pemkab Batu Bara yang akan mengalokasikan anggaran pada tahun depan kembali.

Ir.H.Zahir dalam sambutan tertulisnya yang di sampaikan oleh Plt.Ellyas Sitorus pada saat penutupan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XXVI dan XXVII Tahun 2019 mengatakan meminta jajaran pers untuk pada meningkatkan Literasi Informasi kepada masyarakat, karena era digital membuat informasi menjadi "borderless" (tanpa batas), sehingga masyarakat mengalami "banjir" informasi yang bisa benar dan juga tidak benar atau hoaks.

"Untuk itu, masyarakat perlu melakukan pemilahan informasi secara bijak.melalui terselenggaranya Uji Kompetensi Wartawan ini, Zahir tetap mendorong Pers tetap menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat, khususnya di Batu Bara Tanah bertuah ini, karena itu pers harus semakin meningkatkan perannya dalam edukasi dan literasi kepada masyarakat," pintanya.

Pers terus diharapkan bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui ruang pengabdian masing-masing, Pemerintah kabupaten Batu Bara ke depan terus memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui pemasangan wifi gratis di desa desa percontohan Pkk, objek wisata, sekolah-sekolah, dan rumah sakit serta di fasilitas publik lainnya, sehingga Visi Bupati dan Wakil Bupati dapat Terwujud yaitu “MENJADIKAN MASYARAKAT KAB BATUBARA MASYARAKAT INDUSTRI YANG SEJAHTERA, MANDIRI DAN BERBUDAYA,” ujar Zahir dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ilyas.

Pemasangan wifi ini bukan hanya merupakan keadilan sosial dalam bidang ekonomi, tetapi juga dapat memperpendek jarak dari pemerintahan dengan masyarakat, tambahnya.

Bupati Zahir juga menghimbau bahwa kegiatan peningkatan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), seperti yang kita lakukan ini, ke depan kita kemas dengan berbagai kegiatan lainnya berupa kegiatan pelatihan menulis berita singkat bagi pelajar maupun kegiatan olahraga bersama keluarga besar PWI se Kabupaten Batu Bara dan Sekitarnya, sebut Plt. Kadisdik Batubara saat membacakan sambutan Bupati Zahir.

Zahir, juga mengucapkan selamat kepada peserta UKW yang dinyatakan berkompeten dan terus belajar bagi yang belum berkesempatan memperoleh nilai sebagaimana yang dipersyaratkan atau yang dinyatakan belum berkompeten. untuk tetamu kami yang sudah datang dengan sengaja ke Batubara ini, semoga kenangan baik dapat disampaikan kepada keluarga dan sahabat di manapun Bapak Ibu berada.

Sementara itu, hasil UKW angkatan XXVI dan XXVII tahun 2019 di kabupaten Batu Bara yang di bacakan salah seorang penguji, Mizwar mengatakan bahwa dari 48 peserta UKW yang terdaftar dan 40 peserta yang hadir hanya 20 peserta yang dinyatakan kompeten.

adapun riciannya yaitu angkatan XXVI sebanyak 20 orang peserta dinyatakan kompoten sebanyak 8 orang dan belum kompeten 12 orang. Untuk angkatan XXVII sebanyak 20 orang peserta, di nyatakan berkompeten 12 orang dan belum berkompeten 8 orang. (MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini