Bupati Labuhanbatu Kunker Ke Pemkab Tulungagung Jawa Timur

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.,M.T., bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Ny. Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe,Senin(16/9) melakukan kunjungan kerja (Kunker) Ke Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur, didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Rantauprapat, dr. Syafril Rahmadi Maulana Harahap, SpB, Wakil Direktur RSUD Rantauprapat, Sopar Sitorus, SKM, M.Kes serta Dewan Pengawas RSUD Rantauprapat antara lain Inspektur Kabupaten Labuhanbatu, Zainuddin Harahap, Kepala BPKAD Kabupaten Labuhanbatu Indra Sila dan Kepala Bidang Anggaran BPKAD, Salman A. Rambe.

Kunker itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan Rumah Sakit Umum Rantauprapat dan sekaligus dalam rangka koordinasi bidang pemerintahan daerah serta menjalin hubungan kerjasama yang baik dalam upaya tatakelola pemerintahan daerah.

Kita mengetahui bahwa Kabupaten Tulungagung Propinsi Jawa Timur-Surabaya adalah sebuah Kabupaten yang sudah maju di Indonesia dan sarat dengan berbagai prestasi, inovasi dan memiliki angka kemiskinan dibawah rata-rata.

"Salah satu prestasi Kabupaten Tulungagung adalah telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Inspiring and Innovative Hospital 2018 karena RSUD Dr. Iskak Tulungagung telah sukses melakukan inovasi-inovasi berbasis digital dalam pelayanan sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, itulah dasar pertimbangannya sehingga diputuskan untuk melihat dan berdialog secara langsung ke Pemkab Tulungagung-Jawa Timur".

Kedatangan Bupati Labuhanbatu beserta rombongan,  disambut hangat oleh Bupati Tulung Agung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tulungagung Ny. Siyuk Rihayati Maryoto Birowo, S.K.M., dan Dirut RSUD Dr. Iskak, Tulungagung, dr. Supriyanto serta sejumlah Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Tulungagung.

"Pertemuan antar kedua Bupati Labuhanbatu  dan Bupati Tulungagung, terjalin akrab disertai saling bertukar cenderamata dan diskusi yang bermanfaat".

Dapat diinformasikan bahwa Rumah Sakit Umum Rantauprapat memiliki status Type "B", dan telah meraih akreditasi paripurna bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Versi Tahun 2012, Kementerian Kesehatan R.I. Saat ini sedang melakukan berbagai inovasi guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat,  yaitu
melengkapi Aplikasi Pengelolaan Data Sarana,  Prasrana dan Alat-alat Kesehatan (ASPAK), Fasilitas Kesehatan,  RS Online dan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) serta mempersiapkan tenaga konsultan Hemodialisa, konsultan bedah vaskular dan melengkapi izin praktek perawat,  bidan dan para dokter yang bertugas di RSUD Rantauprapat serta berusaha meningkatkan status sebagai rumah sakit nonpendidikan menjadi Rumah Sakit Pendidikan dengan orientasi akan mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) di Labuhanbatu.

Untuk mencapai target pelayanan terbaik itulah,  Tim Pemkab Labuhanbatu secara langsung dipimpin Bupati Labuhanbatu berkunjung ke RSUD Dr. Iskak Tulungagung Jawa Timur,  karena
RSUD Dr. Iskak Tulungagung telah berhasil mendapatkan penghargaan sebagai The Inspiring and Innovative Hospital 2018. Penghargaan ini diberikan karena RSUD tersebut telah sukses melakukan inovasi-inovasi berbasis digital dalam pelayanan, sehingga mampu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Kita ingin melihat secara langsung inovasi-inovasi yang dilakukan RSUD Dr. Iskak Tulungagung dan akan kita terapkan seoptimal mungkin di RSUD Rantauprapat, seperti pelayanan online berbasis aplikasi yang dinamakan Poetri (Pendaftaran Online Tanpa Antre), dimana dengan aplikasi ini pasien tidak perlu mengantre panjang saat di Rumah Sakit, melainkan bisa daftar lebih dahulu  dari rumah dengan menggunakan Android ataupun telepon/sms.

RSUD Dr. Iskak juga mengembangkan aplikasi emergency button, dengan emergency button, pasien bisa mendapatkan pelayanan cepat tanggap kedaruratan, salah satu bentuk pelayanan cepat tanggap ini adalah pelayanan terhadap penyakit jantung koroner melalui aplikasi Laskar (Layanan Sindroma Koroner Akut). Melalui aplikasi ini, siapa pun pasien yang mendapatkan serangan jantung mendadak, bisa menghubungi call center psc no 0355 320119 ataupun memencet emergency button yg bisa diunduh di play store. Dengan pelayanan prima itu juga, di Tahun 2018, RSUD Dr. Iskak berhasil menyabet penghargaan dari Kementerian PANRB, yaitu penghargaan top 40 Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) 2018.

Pelayanan UGD di RSUD Dr. Iskak juga mendapatkan pengakuan internasional terhadap inovasi instalasi gawat darurat RS moderen. Penghargaan tersebut diberikan langsung kepada dirut RSUD Dr. Iskak dalam United Nation Public Service Forum. Penghargaan ini diberikan karena RSUD Dr. Iskak berhasil mengubah paradigma penanganan kegawatdaruratan yang biasanya hanya dilakukan di RS tetapi RSUD Dr. Iskak mengubah itu dengan jemput bola, melayani penanganan kegawatdaruratan dengan menjangkau masyarakat.

“Paradigma menangani orang sakit tidak pasif di rumah sakit melainkan penanganan pertama, di tempat kejadian sampai perjalanan hingga sampai rumah sakit tetap kontinyu. Jika dipandang perlu cukup dilayani di rumah, tidak perlu dibawa ke rumah sakit".

Seoptimal mungkin hasil kunker ini,  akan kita terapkan di RSUD Rantauprapat karena kita ingin masyarakat Labuhanbatu semakin terlayani dengan sebaik-baiknya dan RSUD Rantauprapat juga semakin dapat mandiri serta mempu meningkatkan pendapatan daerah kedepan. (Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini