Bursa Inovasi Desa Bertujuan Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa

Editor: metrokampung.com
Pukul Gong :  Sekdakab Langkat saat membuka kegiatan tersebut dengan memukul gong.

Langkat- MetroKampung.Com
Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr. H. Indra Salahuddin, MKes, MM membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Teluk Aru tahun 2019, ditandai dengan pemukulan Gong, di Gedung DWP Pertamina Pangkalan Brandan, Senin (30/9).  Sekda pada  bimbingan teks tertulis Bupati berharap, agar setiap pemerintah desa yang mengikuti kegiatan ini dapat memanfaatkannya dengan mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan, sehingga dapat  diadopsi dan direflikasikan untuk dikembangkan di desa masing- masing, sehingga dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Desa), sebagai salah satu sumber utama pemasukan desa, disamping DD dan ADD dalam menyelenggarakan pembangunan desa.

Sekda juga meminta kepada seluruh SKPD terkait dan Camat beserta seluruh jajarannya untuk memberikan fasilitasi yang cukup kepada desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan program inovasi desa, sehingga konstruksi desa ke depan, menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang desa secepatnya bisa tercapai.

Selanjutnya, Sekda pun menjelaskan, kegiatan ini forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa dengan tujuan untuk mencari  solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan Dana Desa (DD)  maupun Anggaran Dana Desa (ADD) yang lebih efektif dan inovatif.

Bursa inovasi desa ini juga, sambung Sekda, bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan pembangunan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat di desa-desa, dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan, dengan mengedepankan penggalian dan pengelolaan setiap potensi yang dimiliki, secara arif dan bijaksana.

"Ya, tentunya dengan memperhatikan dampaknya bagi kelestarian lingkungan, " ungkapnya sembari mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kontribusi semua pihak dalam mensukseskan kegiatan ini.

Ya, semoga sumbangsih partisipasi yang diberikan akan menjadi kenangan sekaligus amal kebajikan. Sementara itu, Plt PMD Langkat, Musti Sitepu, pada sambutannya mengatakan, kegiatan ini dikelola  oleh tim program inovasi desa di masing- masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada Dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur Dinas terkait.

Sebelumnya terang Musti, kegiatan ini dilaksanakan terpusat (satu tempat), namun untuk tahun ini berdasarkan Juknis operasional program inovasi desa tahun 2019 dari Kemendes PDTT kegiatan itu dilaksanakan per klaster atau di masing- masing wilayah dalam Kabupaten.

"Karena itu, kami langsung membagi kegiatan ini menjadi 3 wilayah, yaitu Klaster  Langkat Teluk Aru, Langkat Hilir dan Langkat Hulu, " sebutnya.

Kegiatan ini, sambung Musti, untuk menawarkan kegiatan-kegiatan terkait pembangunan desa yang dinilai inovatif, baik kegiatan pembangunan dari lokal maupun nasional, dimana dalam pengelolaannya telah disesuaikan dengan kultur budaya dan adat istiadat setempat dan telah diverifikasi oleh tim inovasi desa, berkoordinasi dengan tim inovasi Kabupaten, tenaga ahli pemberdayaan masyarakat, para pendamping desa, sehingga tawaran kegiatan inovasi tersebut dapat diambil komitmennya oleh pemerintah desa sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, dalam mengembangkan potensi yang ada di desa setempat.

Selanjutnya, Kabid PMD Panji Setiawan, mengatakan, usai acara Sekda bersama rombongan pejabat Pemkab Langkat, meninjau lokasi Bursa yang terbagi 3 bidang, yaitu SDM, Perekonomian dan Kewirausahaan.  Kegiatan yang diketuai oleh ketua Panitia, Dedi Wahyono, dihadiri oleh kepala Dinas PMD Provsu  Ir. Aspan Sofyan, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para kepala OPD Pemkab Langkat, Forkopim 7 kecamatan  se Teluk Aru yaitu Babalan, Gebang, Sei Lepan, Brandan Barat, Pangkalan Susu,  Besitang dan Pematang Jaya, para kepala Desa dan ketua BPD serta ketua LPMD se wilayah Teluk Aru,  tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (BD/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini