Gerakan Sehari Belajar di Luar Kelas SMPN 1 Sunggal dan Ponpes Darul Arafah Kutalimbaru

Editor: metrokampung.com

Sunggal, metrokampung.com
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dedi Maswardy melakukan peninjauan Gerakan Sehari Belajar di Luar yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sunggal dan Ponpes Darul Arafah  Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kamis (7/11/2019). Turut hadir anggota DPRD Deli Serdang Zul Amri ST, Kadis Pendidikan H Timur Tumanggor , Kadis P2KB dan P3A Hj Rabiatul Adawiyah , Kadis Sosial Hendra Wijaya , Kepala BPBD Zainal Abidin Hutagalung , mewakili OPD terkait , Camat Sunggal Ismail S.STP beserta Muspika.

Kunjungam Dedi Maswardy dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang H Timur Tumanggor beserta rombongan disambut anak pramuka SMP Negeri 1 Sunggal dan Pencak Silat ,beberapa kepala desa ,Kepala Sekolah dan guru- guru SMP Negeri 1 Sunggal.

Kegiatan diawali dengan simulasi mitigasi tanggap bencana ,penandatangan deklarasi kegiatan OCD , mengunjungi kantin sehat serta menyaksikan beberapa ketrampilan yang diperlihatkan siswa dan siswi seperti Karate,Pencak Silat, Vokal Solo, Vokal Group,puisi dan Marching Band

Belajar Sehari Diluar Kelas atau Out Door Classroom Day (OCD) merupakan bagian dari sekolah ramah anak sekaligus memeriahkan Hari Anak  Internasional.Tujuannya untuk menunjang komponen poses pembelajaran yang ramah anak. Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang pada hari ini atau setiap Tanggal 7 Nopember dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.”kata Dedi Maswardy mewakili Bupati Deli Serdang..

Lanjut Dedi Maswardy,mengambil tempat di SMP Negeri 1 Sunggal ini,kita melihat kegiatan belajar di luar kelas ini bertujuan menumbuh kembangkan atau pembentukan kreativitas belajar anak,untuk mengenal lingkungan sekitar yang diharapkan menumbuhkan tanggung jawab,jiwa saling tolong menolong ,menghargai diantara anak-anak sekitar dan lingkungannya. Yang kita harapkan menghasilkan anak didik yang selain pintar juga mempunyai kreativitas yang baik untuk pengembangan diri anak kepada lingkungan juga bagi bangsa dan negara.



Untuk tahun yang akan datang kita akan mengunjungi daerah yang lain,supaya sosialisasi OCD ini dapat berlangsung menyeluruh dan lebih baik lagi.

Sebelumnya Kadis Pendidikan H Timur Mengatakan semua sekolah yang ada di Deli Serdang ,dari TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA melakukan kegiatan sehari belajar luar sekolah (OCD). Di Deli Serdang kegiatan ini berkolaborasi dengan berbagai Dinas, seperti Dinas Lingkungan Hidup, P2KB dan P3A, Dinas Sosial dan BPBD. Kita memasukkan beberapa program yang telah dicanangkan di Deli Serdang seperti BERSERI (Bersih,Rapi,Sejuk,Rindang dan Indah) untuk wawasan lingkungan hidup,Kantin Sehat, Opungsari Basa Bang,Mesra Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orang tua dan Sekolah).

Setelah meninjau kegiatan OCD di SMP Negeri 1 Sunggal, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Dedi Maswardy beserta rombongan melanjutkan kegiatan Ke Ponpes (Pondok Pesantren) Darul Arafah di Kecamatan Kutalimbaru. Di Ponpes ini, Dedi Maswardy disambut Ketua Ponpes Darul Arafah H Harun Lubis ST, Camat Kutalimbaru Sandra Dewi Situmorang beserta muspika dan guru-guru Ponpes Darul Arafah.

Di Ponpes Darul Arafah, Dedi Maswardy mewakili Bupati Deli Serdang menandatangani deklarasi bersama pesantren ramah anak bersama Pemkab Deli Serdang dan Ponpes Darul Arafah. Ini merupakan kelanjutan dari terpilihnya Ponpes Darul Arafah menjadi Role Model dari 5 Ponpes yang terpilih se-Indonesia.Selain itu juga, meninjau kegiatan OCD yang sedang berlangsung di Ponpes ini. Seperti, kegiatan Panahan,Marching Band,permainan kasti,silat, mendongeng dan tari-tarian.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini