Vandico T Gultom : Petani Sejahtera, Samosir Bermartabat

Editor: metrokampung.com

Samosir, metrokampung.com
Disela kunjungan nya di Desa Dos Roha Kecamatan Simanindo, yang penuh suka cita serta disambut Ratusan Warga, Minggu (18/11), Vandico Timoteus Gultom Siap membawa perubahan untuk Samosir yang sejahtera dan bermartabat.

Dirinya meyakini bahwa membangun Samosir yang sejahtera dan bermartabat dapat terwujud, ketika Pertanian di Samosir Makmur.

"Mari bergandeng tangan, bersama kita bisa, Petani Samosir Makmur dan Sejahtera, Kabupaten Samosir Pasti bermartabat"ungkapnya, yang disahut warga dengan yel yel Vandico Yes, Vandico Menang.

Sosialisasi atau pemarapan Visi Misi Vandico, yang dihadiri oleh warga, terdiri dari enam desa, diantaranya Desa Sakkal, sihusapi,simarmata, dosroha,simanido, Cinta Dame kecamatan Simanindo, juga diwarnai sesi tanya jawab.



Pada kesempatan, didalam menyikapi keluhan Petani Jagung di Kecamatan Simanindo yang membutuhkan Mesin Pemanen Jagung, Vandico Gultom akan membenahi fasilitas pertanian.

"Ketika Saya dipercaya nantinya untuk memimpin Samosir, saya akan membenahi fasilitas pertanian, berupa alat olah pemanen jagung, serta penjemuran biji jagung dengan alat modern untuk petani jagung"ungkapnya.

Dibidang pariwisata, yang mana diketahui bahwa Kecamatan simanindo merupakan daerah wisata, Vandico Gultom akan merevitalisasi sarana dan prasarana objek pariwisata yang ada disana.

"Kemajuan Kabupaten Samosir dibidang parawisata harus didukung SDM  yang unggul serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana"terangnya.

Atas pemaparan Visi misi Vandico, yang menurut warga sesuai kebutuhan.Tokoh Masyarakat bersama warga simanindo dengan spontan mengungkapkan siap memenangkan Vandico Gultom, pada 2020 mendatang.

"Kami berikrar mendukung dan mengawal proses agar Vandico Gultom jadi Bupati (parhobas) Samosir"ungkap mereka. 

Sebagai bentuk dukungan, Tokoh Masyarakat yang hadir, mendoakan dan menggelar acara pembekalan (Paborhathon- red) Vandico Gultom menuju samosir I.

Adapun yang diberikan tokoh masyarakat kepada Vandico Gultom, sesuai dengan tradisi adat budaya batak yakni Harbua pir (Beras) , napuran tiar (Sirih), nitak nihopingan, miak miak (telur) dohot aek sitiotio(air) anggir pangurason(Jeruk Purut), yang dibalut ulos Suri suri Ganjang (Kain Tenun), sambil mengatakan "dapot na niluluan jumpang na jinalahan".

Diakhir acara dengan penuh rasa haru, Vandico Gultom ucapkan terima kasih kepada warga. Serta harapan warga untuk perubahan akan menjadi catatan khusus baginya.

"ingotonku do Amang aka
napinangidoan ni Amang, Inang, lae, ito, dan haha anggikku. Sai dipargogoi Tuhan ma hita asa saut gabe pangkobasi Samosir, mauliate horas"tutup Vandico.(horas/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini