Bupati Batu Bara Ir.H.Zahir, MAP Hadiri Pelantikan Suku Batak Batu Bara Bersatu

Editor: metrokampung.com
Bupati Ir.H.Zahir, MAP dan Kapolres batubara AKBP R Simatupang, SH. Mhum hadiri pelantikan SB4.

Batu Bara, Metrokampung.com
Bupati Kabupaten Batubara Ir.H.Zahir, MAP menghadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Daerah, Cabang dan Ranting organisasi Suku Batak Batu Bara Bersatu (SB4) bertempat di lapangan sepal bola Indra Sakti, Kecamatan Air Putih, kabupaten Batu Bara, Sabtu (30/11/2019).

Bupati Ir.H.Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksanaan acara pelantikan suku batak Batu Bara bersaudara (SB4) kabupaten batubara. Saya turut merasakan  senang bersama sama saudara dengan penuh persaudaraan sebagai salah satu bentuk implementasi untuk membawa pesan perdamaian dan persaudaraan, ujarnya.

Pada hakekatnya, semua ajaran agama menyerukan kepada umatnya untuk mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa,serta berbuat kebijakan sehingga berdampak positif terhadap hubungan harmoni antar umat beragama terutama di daerah kita Kabupaten Batu Bara.




Saya mengucapkan kepada saudara saudara yang telah di lantik sebagai pengurus Suku Batak Batu Bara bersatu (SB4) Kabupaten Batu Bara. Semoga saudara dapat menjalankan program program kerja yang sesuai rencana sehingga tujuan yang di inginkan dapat memberikan kontribusi dan maanfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten  batubara dan di harapkan bisa memberi andil besar dalam upaya mewujudkan cita cita kabuputen Batu Bara oleh sebab itu sebagai referensi dan wadah bagi organisasi ini.

Keragaman suatu suku membuktikan bahwa pemerintah telah menjalankan sila ke-tiga dari Pancasila, yaitu persatuan indonesia.

“Hari ini, kita menyaksikan suku Batak bersatu, kedepan mungkin ada Melayu, Padang atau Jawa bersatu. Itulah cerminan sila ke 3 Pancasila yakni Persatuan Indonesia,” ujar Bupati Batu Bara Ir Zahir, M.AP.

Sementara itu, Kapolres AKBP Robin Simatupang, SH. M. Hum menjelaskan membicarakan Batak tidak terlepas dari asal mula suku Batak di Sianjur Mula mula, Pusuk Buhit.



“Tersebarnya bangsa Batak di pesisir ini dahulunya berasal dari Porsea, yang berdagang di pesisir lalu melakukan asimilasi melalui proses perkawinan,” kata Simatupang.

Disebutnya, bahwa suku Batak itu unik, orang Batak ini pamungka huta (pembuka kampung ) dimulai dari satu orang kemudian membuka perkampungan lainnya.

“Salah satu suku yang punya aksara adalah suku Batak. Maka SB4 perlu melestarikan aksara ini, sehingga generasi selanjutnya dapat mengenalnya. Suku Batak bersatu dapat berkontribusi dalam pembangunan. Kita mulai persatuan ini dari Batubara dan berharap akan diikuti di kabupaten lainnya,” harapnya.

Ditambahkannya, SB4 Batubara dapat mengajak suku Batak lainnya didaerah lain meski berbeda agama. Jika Batak bersatu bisa menggoyang, bisa takut negara lain, karena orang Batak itu perantau, juga pembuka wilayah. SB4 harus bisa mejadi garda terdepan dalam pembangunan, mengawal pembangunan, berikan keleluasaan dan berikan kesempatan.

“Jangan sikit sikit diganggu sehingga terganggu konsentrasi bekerja,” timpalnya.

Ketua umum suku batak batubara bersatu (SB4) Jhon Frengki Hasibuan menyampaikan tugas yang dipercayakan dikatakannya tidak ringan, tapi dia meyakini seluruh pengurus pasti aktif ùntuk menjalankannya sehingga meringankan tugas. “Tujuan dibentuknya SB4 mengacu kepada sila 1 Ketuhanan YME dapat menjadi tuntunan masyarakat yang berketuhanan, beradat dan berbudaya,” kata Hasibuan.

Pantauan metrokampung.com. Ir.H.Zahir.MAP datang kelokasi pelantikan disambut dengan tarian tarian ulos batak. Zahir kemudian diadati dengan budaya suku Batak dengan beragam pakaian yang biasa digunakan orang suku Batak

Turut hadir dalam kesempatan itu Kapolres Batubara AKBP Robin Simatupang, Ketua SB4 Jhon Franki Hasibuan, Ketua Sementara DPRD Batu Bara M Syafii, Azwar Simanjuntak Citra Mulia Bangun, Anggota DPD RI Williem Simarmata,Lambok Manurung para undangan dan ratusan massa SB4 diseluruh kecamatan sekabupaten batubara.

Pantauan Metrokampung.com, Ir.H.Zahir, MAP datang kelokasi pelantikan disambut dengan tarian tarian ulos batak. Zahir kemudian diadati dengan budaya suku Batak dengan beragam pakaian yang biasa digunakan orang suku Batak.sebanyak 5000 an masyarakat menghadiri pelantikan pengurus daerah suku batak batubara bersatu.(MK/DS)
Share:
Komentar


Berita Terkini