Terkelin : Tradisi Adat Budaya Karo Merupakan Warisan Leluhur, Wajib Kita Lestarikan

Editor: metrokampung.com
Terkelin Brahmana berkesampatan Foto bareng saat pesta pernikahan anak dari PT. Em. Dr Putra Karo - Karo Kaban, SH, MH dan  isteri Ny. Elly Afrida Br Ginting, Sabtu (25/1) pukul 10.00 Wib di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Karo, Metrokampung.com
Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH bersama Asisten 1 pemerintahan Drs Suang Karo-karo, Kabid pertamanan PUPR kab karo Baron Kaban, mantan menteri MS. Kaban dan mantan anggota komisi D DPRD provsu Layari Sinukaban, tampak hadir dalam acara prosesi adat pesta pernikahan anak dari PT. Em. Dr Putra Karo - Karo Kaban, SH, MH dan  isteri Ny. Elly Afrida Br Ginting, Sabtu (25/1) pukul 10.00 Wib di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Menurut Terkelin Brahmana, SH sepanjang kita suku karo tidak akan pernah lepas dari kearifan lokal dan budaya karo, zaman dulu hingga sekarang  nenek moyang telah mewariskan suatu aturan atau adat yang kita kenal  Merga Silima tutur siwaluh rakut Sitelu perkaden kaden Sepuluh Dua Tambah sada, sebagai pengikat dalam hubungan berinteraksi secara vertikal dan horizontal dalam wadah suku karo khususnya, ujarnya.

Bupati Karo dan Ibu Bupati berkesempatan foto bareng pesta pernikahan anak dari PT. Em. Dr Putra Karo - Karo Kaban, SH, MH dan  isteri Ny. Elly Afrida Br Ginting, Sabtu (25/1) pukul 10.00 Wib di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Timur.

Budaya inilah, tidak memandang siapa Dia, baik  jabatannya, profesi-nya, pangkat-nya, kaya atau miskin, jika  aturan adat harus menghormati kalimbubu, sembuyak dan anak beru, harus kita jalankan dan patuhi. Hakekat ini kita sebagai suku karo harus menanamkan kembali kepada anak anak Milineal , supaya budaya karo tidak luntur dan hilang akibat peradaban zaman, beber Bupati.

Perkembangan zaman modern boleh di ikuti, tapi jangan lupakan Budaya kita, jangan pernah  apatis dan ada stigma mengkesampingkan adat budaya dan kearifan lokal, sebab secara turun menurun apa yang   diwariskan leluhur nenek moyang kita sudah tradisi dan wajib dilestarikan, lanjut Dia.

Disisi lain , Terkelin berterimakasih kepada Putra Kaban, sejak dirinya menjabat bupati karo hingga sekarang terus mendukung selama kepemimpinannya, dimana Dia sering memberikan masukan dan selalu menawarkan siap berinvestasi dalam membuka usaha property dan usaha lainnya ke Tanah Karo, ucapnya.

Sementara PT. Em. Dr Putra Karo - karo Kaban, SH, MH, mengucapkan terimakasih kepada Bupati karo bersama yang lainnya, atas kehadirannya dalam prosesi adat anak saya, sebelumnya Gloria peremita br Kaban, SE, M. Par dengan  mempelai laki laki Mahendra Ginting, ST, telah diberkati di gereja GBKP Runggun  Cililitan, Jakarta Timur, tanggal 23 Januari 2020, ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Putra Kaban mengingatkan Bupati karo, selalu terus bekerja demi masyarakat Karo, walaupun banyak rintangan dan tantangan bahkan kritikan pedas, tetaplah bekerja, anggap saja bumbu masak ,  merubah pekerjaan kita lebih baik hasilnya, tetap lah fokus membangun Karo, cetusnya.

Menurut sosok pengacara dan pengusaha sukses tangkuban perahu ini, Kabupaten Karo sangat strategis dalam mengembangkan  wisata alam, Dirinya siap membantu dan menggali  potensi  objek wisata,untuk memajukan Kabupaten Karo, jelasnya.

Untuk itu saya berpesan, atas nama keluarga Kaban Mergana, kami ucapkan terimakasih  bagi semua sanak keluraga, famili, kerabat, teman, satu profesi, tokoh masyarakat Karo,pengusaha, Para Purnawirawan  TNI /Polri, PNS dan yang lainnya, telah hadir menyukseskan pesta adat pernikahan anak kami, berjalan lancar dan sukses, ucap Putra Kaban.(amr/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini