Bupati Samosir : Pembagunan Yang di Ajukan Harus Sesuai Dengan Skala Prioritas

Editor: metrokampung.com

Samosir, metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar Musrenbang tingkat Kecamatan Ronggurnihuta yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Ronggurnihuta, desa Ronggor Nihuts, kabupaten Samosir, kamis (13/02).

Musyawarah Rencana Pembanguan (Musrenbang) tingkat kecamatan Ronggur Nihuta, dengan Thema ‘’Pembangunan SDM,Pemantapan Pariwisata dan Pertanian Untuk Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas’’. Dengan resmi dibuka oleh Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM, serta di hadiri Kepala Bappeda, Rudi Siahaan, Camat Ronggur Nihuta Sitor Silalahi,  pimpinan SKPD Kabupaten Samosir, Kepala desa se kecamatan Ronggur Nihuta, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Tokoh Pemuda dan Adat serta LSM dan Insan Pers.

Dalam laporannya,Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi, menjelaskan bahwa program-program yang telah disusun dari 8 (delapan) desa yaitu Salaon Toba, Salaon Tongatonga, Salaon Dolok, Ronggunita, Lintong Nihuta, Sabungan Nihuta, Sijambur, dan Paraduan melalui Musrenbang Desa telah mengusulkan 103 usulan rencana pembangunan.

"Semoga usulan Musrenbang dari tiap desa dapat terealisasi di tahun 2021 demi kemajuan Kecamatan Ronggur Nihuta"ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta.


“Dalam menyusun program-program untuk Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta, kita mengacu kepada prinsip skala prioritas yang tertinggi dan rasional untuk kebutuhan utama masyarakat,” ujar Rapidin.

Bupati Rapidin Simbolon juga menegaskan bahwa usulan pembangunan yang diajukan harus sesuai dengan skala prioritas serta kebutuhan masyarakat.

“Kita harus fokus pada program-program yang dibutuhkan masyarakat secara riil dan berdampak langsung terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat,”lanjutnya.

Kepala Bappeda Rudi Siahaan, yang menjadi narasumber utama dalam paparan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Samosir Tahun 2020, memaparkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dari tingkat Desa, Kecamatan, Provinsi, dan Nasional.

“Capaian indikator kinerja utama kabupaten Samosir sudah memenuhi target, juga ada yang melebihi target. Untuk itu diharapkan kepada seluruh kepala desa untuk melakukan terobosan-terobosan nilai tambah atas produk-produk yang dihasilkan desa untuk dijual," paparnya sembari menunjukkan data yang dirilis oleh BPS Tahun 2020.

Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta diakhiri dengan penyerahan berita acara dari Camat Ronggurnihuta kepada Kepala Bappeda yang telah ditandatangani oleh para kepala desa se-Kecamatan Ronggur Nihuta. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian stressing points dari Bupati Samosir terkait hasil-hasil yang telah dibahas dalam acara tersebut.(benry/horas/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini