Pemerintah Kabupaten Dairi Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Perangi Penyebaran COVID 19 di Ruang Publik dan Kantor Pemerintahan

Editor: metrokampung.com

Dairi, metrokampung.com
Menindak lanjuti surat keputusan Bupati tentang percepatan penanganan virus COVID  19 yang sedang melanda saat ini, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui pokja II Bidang institusi Pendidikan dan Institusi lainnya melakukan tindakan prefentif guna pencegahan penyebaran virus COVID 19.

Tindakan prefentif yang dimaksud tersebut salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan di Pusat Pasar Sidikalang pada Jumat, 20 / 03 / 2020 yang dimana dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, BPBD Dairi, Dinas Lingkungan Hidup, serta Camat Sidikalang Robot Manullang sebagai ketua pokja 2.

Disela  sela kegiatan tersebut, Camat Sidikalang memberikan sosialisasi terhadap pedagang dan juga masyarakat terkait penyebaran Virus COVID  19. Dalam arahannya Beliau menyampaikan Himbauan Bupati Dairi yaitu untuk menghindari keramaian yang melebihi 10 orang, menjaga pola hidup bersih dan sehat ( PHBS ), mengindari kontak langsung dengan hewan, mengonsumsi makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hari ini Pemerintah Kabupaten Dairi telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Lingkungan Pusat Pasar Sidikalang, dan kedepannya untuk mencegah penyebaran virus Corona ini akan tetap dilakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas publik secara bertahap di Kecamatan Sidikalang.



Penyemprotan desinfektan yang dilaksanakan hari ini menindaklanjuti arahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, untuk mencegah penyebarluasan virus corona yang sedang melanda Indonesia. Sesuai dengan arahan beliau salah satu upaya pencegahan yaitu melakukan penyemprotan disinfektan di ruang ruang publik yang ada di Kecamatan Sidikalang, karena Kecamatan Sidikalang memiliki penduduk yang cukup padat dan di Kecamatan Sidikalang juga segala aktivitas warga cukup tinggi sehingga Pemkab Dairi memberikan perhatian yang serius, jika ada yang perlu disampaikan dapat menghubungi Pemerintah terdekat agar dapat segera ditindak lanjuti dan penanganan jika diketahui warga mengalami gejala virus corona, ujar Camat Sidikalang.

Sesuai dengan arahan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Dinas Kesehatan menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Dairi khususnya agar dapat bekerjasama dengan Pemerintah, tanpa adanya dukungan masyarakat, segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona tidak akan berhasil, serta mendengarkan, mematuhi segala arahan Pemerintah baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah  Daerah.

Selanjutnya Dinas Kesehatan Dairi sebagai leading sektor Frisda Turnip mengatakan sebagai garda terdepan dalam penanganan virus corona, Dinas Kesehatan Dairi melakukan koordinasi lintas sektor bersama dengan masyarakat serta bersinergi untuk pencegahan virus corona. Dalam hal ini, Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai tindakan yang  merupakan bagian dari rencana aksi Dinas Kesehatan untuk pencegahan virus corona yang diantaranya melalui 18 Puskesmas yang ada di Kabupaten Dairi melakukan penyuluhan, sosialisasi serta edukasi terhadap masyarakat termasuk di lingkungan Sekolah. Selanjutnya ia mengatakan Dinas kesehatan beserta masyarakat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di ruang publik.

“Terkait dengan virus Corona ini, ukuran virus tersebut ukurannya sekitar 400  500 mikron, sehingga dengan memakai masker dapat menghidari penyebaran virus corona, karena virus tersebut memiliki ukuran yang lebih besar dari bakteri," ujarnya.

Tidak lupa Pemkab Dairi melalui Dinas kesehatan juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan secara baik dan benar sebelum dan sesudah melakukan aktifitas di luar ruangan menggunakan sabun atau hand sanitizer. Dinas kesehatan juga menghimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi makanan bergizi, banyak meminum air putih.

 Apabila warga mengalami gejala seperti demam, batuk flu diharapkan agar memakai alat perlindungan diri yang efektif dengan tujuan menghindari penyebaran virus dan bakteri terhadap orang sekitar. Apabila kita berkomunikasi dengan orang lain agar menjaga jarak, karena penularan virus dapat melalui udara jika tidak memakai masker, jika dalam 14 kedepan kita tidak memiliki aktifitas penting diharapkan untuk berdiam diri di rumah saja, ujar Frisda Turnip.

Beliau juga menambahkan bahwa Dinas Kesehatan, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Kecamatan yang ditunjuk  sebagai Team SAR , akan tetap melakukan pemantauan terhadap penanganan virus corona tersebut. Ia menambahkan Dinas kesehatan Dairi tetap melakukan penyemprotan desinfektan di Lembaga Pemasyarakatan Dairi dan ruang  ruang lingkup lainnya. Ia mengatakan saat ini Dinas Kesehatan mengalami kekurangan seperti Alat Perlindungan Diri ( APD ) , gun thermal, cairan desinfektan. Kedepannya diharapkan kepada masyarakat yang melakukan pertemuan atau kegiatan yang bersifat keramaian, dapat memeriksakan kesehatan terlebih dahulu begitu juga dengan ASN yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dairi. Ia menambahkan saat ini di Kabupaten Dairi terdeteksi satu orang dalam kondisi PDP ( Pasien Dalam Pengawasan ) yang telah dirujuk ke rumah Sakit Adam Malik.

Selain di pusat pasar Sidikalang, Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di berbagai kantor pemerintahan dan kantor Bupati Dairi, sehingga dapat mencegah penyebaran virus corona tersebut.(vikram/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini