Pemkab Deliserdang Siapka Anggaran Virus Corona Rp 46,5 Miliar

Editor: metrokampung.com
Ketua Gugus Tugas Darwin Zein didampingi Kadis Kesehatan dr Ade Budi Krista menjelaskan anggaran sebasar Rp 46.5 milira untuk pencegahan virus corona.

Lb Pakam, metrokampung.com
Pemkab Deli Serdang menganggarkan dana tanggap darurat bencana non alam bagi pencegahan dan penganggulangan virus carona (covid-19) sebesar Rp 46,5 miliar.Bahkan,dana itu bisa bertambah berdasarkan situasi dan perkembangan.

"Untuk tahap pertama kita anggarkan Rp 46,5 miliar. Bukan tidak mungkin dana itu nanti akan kita tambah.Tapi insentif untuk tenaga medis seperti dokter dan paramedis di RSUD Deli Serdang,RS Pancur Batu dan Puskemas juga ditambah.Ini kita persiapkan guna mengantisipasi kemungkinan hal yang tidak kita inginkan. Selain untuk APD (alat pengaman diri), juga biaya perawatan alat pencegahan lainnya,gugus tugas dan sosialisasi,"kata Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Bencana Covid-19 ,Darwin Zein didampingi Kadis Kesehatan, dr Ade Budi Krista,Senin (23/3/2020).

 Selain itu, tambah Darwin Zein,insentif dokter di RSUD Deli Serdang akan diberikan Rp 150 ribu per hari dan peramedis Rp 100 per hari.Sedang untuk dokter yang ada di 34 Puskesmas akan mendapat insentif Rp 100 per hari dan peramedis Rp 75 ribu per hari.

Dana insentif itu diberikan kepada dokter paramedis di ruangan isolasi RSUD Deli Serdang, RSU Pancur Batu dan Posko di Puskemas dimana insentif tersebut terhitung mulai tanggal 23 Maret hingga 60 hari kedepan.Sedangkan insentif untuk RSUD Deli Serdang sebanyak 10 dokter dan 40 para medis, RSU Pancur Batu 8 dokter 10 paramedis.Sedangkan untuk Puskesmas sebanyak 1 dokter dan 2 paramedis.

Apakah kepala desa boleh menggunakan anggaran dana desa (ADD) untuk penanggulangan covid-19. Menurut Darwin Zein saat ini pihaknya sedang mengkaji lebih lanjut.

"Ini sedang kita bahas juga apakah ADD dapat digunakan untuk penanganan covid,-19.Selain itu,kita himbau kepada masyarakat yang baru pulang dari luar daerah maupun negeri agar  segera melaporkan kepada puskesmas terdekat,untuk dilakukan pemeriksaan harapnya,"kata Darwin Zein yang juga merupakan Sekda Deli Serdang.

Dr Ade Budi Krista menambahkan, saat ini terdapat 111 ODP (orang dalan pengawasan) dan 3 orang PDP (pasien dalam pengawasan)  di RSU Adam Malik dan 1 orang di RSUD Deli Serdang.

Terpisah, Kelapa Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Agus Ginting menyebutkan,anggaran penanganan covid-19 besarasal dari BTL (belanja tidak langsung) dari dana tidak terduga sebasar Rp 32 miliar.Kemudian belanja langsung Dinkes Deli Serdang Rp 14,5 miliar.Sehingga total secara keseluruhan dana yang disiapkan Pemkab Deliserdang untuk penanganan covid-19 sebesar Rp 46,5 miliar.(dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini