Wali Kota Tanjungbalai Tinjau GOR Mini Sebagai Posko Karantina Sementara Covid-19

Editor: metrokampung.com
Walikota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH besarta Ketua TP-PKK Hj Sri Silvisa Novita Tinjau GOR Mini sebagai Posko Karantina Sementara Covid-19,
Jumat (3/4/2020). (Foto Mk/dok)

Tanjungbalai, Metrokampung.com
Usai melaksanakan kunjungan ke rumah susun (Rusunawa), Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH didampingi Ketua TP-PKK Hj Sri Silvisa Novita melanjutkan kunjungan kerja ke Gedung Olah Raga (GOR) Mini yang berlokasi di Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso guna mengecek langsung kesiapan lokasi tersebut yang akan dijadikan sebagai lokasi Karantina Sementara bagi para pendatang/warga ke Kota Tanjungbalai (Jumat, 3/4/2020).

Saat tiba dilokasi, Wali Kota langsung mengecek  pengerjaan beberapa Fasilitas yang akan digunakan nantinya mulai dari ruangan khusus laki-laki dan perempuan, kamar mandi dan fasilitas lainnya.


Menurutnya, penyiapan fasilitas terus dilakukan, dan diharapkan dalam hari ini bisa tuntas dan dapat digunakan. Lokasi ini akan peruntukkan bagi para pendatang/warga yang baru tiba di Kota Tanjungbalai yang belum memeriksakan kesehatannya dan lokasi ini juga disiapkan dalam mengantisipasi para TKI yang diperkirakan akan pulang dari Malaysia akibat situasi Lockdown di Malaysia dan izin tinggal yang sudah habis. Nantinya para pendatang atau warga yang baru tiba dari luar Kota Tanjungbalai akan langsung diperiksa suhu tubuh mereka dan dikarantina selama 1 (satu) hari dan jika ada warga/pendatang yang terindikasi Covid-19 akan langsung dibawa dan dirujuk ke Rumah sakit yang menjadi rujukan Pemerintah Pusat dan Propinsi Sumatera Utara, jelas Wali Kota.

Di Lokasi Karantina Sementara Covid-19 Pemkot Tanjungbalai ini para pendatang/warga yang baru tiba dari luar Tanjungbalai juga akan langsung melakukan pengecekan suhu tubuh. Hal ini sebagai langkah awal dan Protokol Kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19.

Pemkot Tanjungbalai menyediakan sebanyak 40 tempat tidur di lokasi itu dan akan ditangani oleh para petugas medis dari Puskesmas Sei Tualang Raso dan Puskesmas Teluk Nibung yang bekerja dalam 3 (tiga) shif setiap harinya. "Selama menjalani Karantina sementara, Pemkot Tanjungbalai menyediakan kebutuhan makan dan minum bagi warga", ujar Wali Kota.

“Saya berpesan kepada semua petugas medis yang akan bertugas agar tetap menjaga kesehatan diri dan personilnya masing-masing dan tetap menggunakan APD,” kata Wali Kota H.M Syahrial.

Karena katanya, yang dihadapi di Lokasi Karantina Sementara ini adalah masyarakat pendatang yang tidak diketahui kondisi kesehatannya, tutupnya.

Sementata itu, Kadis PUPR, Tetty Juliani Siregar dalam keterangannya mengatakan Lokasi Karantina Sementara Pemkot Tanjungbalai ini dibagi menjadi ruangan laki-laki dan perempuan, kamar mandi 2 (dua) buah terletak di belakang gedung, didukung fasilitas umum lainnya dan sebelum digunakan seluruh lokasi akan dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan.(ES/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini