Abang Becak Dapat Sembako Dari Pemkab Dairi

Editor: metrokampung.com

Dairi, metrokampung.com
Pemkab Dairi bagikan sembako kepada ratusan abang becak yang ada di kota Sidikalang. Pembagian sembako dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Dairi, Jalan Sisinamnagaraja, Kecamatan Sidikalang, Minggu (17/5/2020) sore.

Pembagian sembako dipimpin langsung Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu didampingi Sekda Dairi Leonardus Sihotang, Dandim 0206/Dairi Letkol Arh Hadi Purwanto, mewakili Kapolres Dairi dihadiri oleh Kasat Binmas AKP S Simanjuntak, Perwakilalan Kejaksaan Negeri Sidikalang oleh Kasidatun Zulkarnain Harahap.

“Bantuan sembako yang diberikan jangan dilihat dari besar dan kecilnya, tapi itulah bentuk kepedulian Pemkab Dairi kepada masyarakat khusunya para abang becak yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19),” Kata Sekda Dairi Leonardus Sihotang.

Menurut Leonardus, dalam pemberian bantuan sembako ini ada rambu-rambu yang harus diikuti untuk itu diharapkan pemahaman dan  perhatian  serta kesabaran dari saudara-saudara sekalian. Karena penaganan dampak Covid-19 merupakan wewenang Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi.

“Kami semua juga telah berpikir untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat ekonomi lemah yang terdampak Covid-19,” ucap Leonardus.

Sebelum menyerahkan bantuan Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan, Gugus Tugas telah bekerja keras dalam menagani wabah Covid-19 sampai tidak mengenal lelah dan hari libur, bahkan tidak jumpa degan istri dan anak-anaknya untuk beberapa bulan lamanya.

“Saya menceritakan ini, karena mungkin saudara-saudara tidak langsung mengalami. Banyak dari kami yag harus berhadapan dengan maut, seperti petugas medis dan lainnya karena harus mengawal saudara-sauadara kita bila ada yang sakit,” sebut Eddy Berutu.

Ditengah kesibukan itu semua, Gugus Tugas juga harus membantu masyarakat yang susah karena terdampak pandemi ini, seperti yang dilakukan pada kesempatan ini. Dimana sebelumnya sudah dua kali para abang becak datang ke Kantor Bupati untuk meminta bantuan.

“Sebagai petugas gugus yang ditugaskan negara, kami pasti akan membantu saudara-saudara sekalian untuk mengurangi beban kita semuanya di tengah pandemi ini,” ujar Eddy Berutu.



Disebutkan Bupati Dairi, Eddy Berutu bantuan yang akan dibagikan ini bersumber dari bantuan masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang prihatin dengan kondisi ini dan turun tangan untuk ikut membantu.

“Saya juga telah menyumbangkan gaji saya selama 5 bulan, dari bulan April sampi Agustus kepada negara, sebagian yang akan dibagikan kepada para abang becak sekarang ini,” ucap Eddy Berutu.

Lebih lanjut Eddy Berutu mengimbau kepada semua yang hadir untuk menjaga kekompakan dan kesetiakawanan sosial untuk menjaga tumpah darah Indonesia terutama Kabupaten Dairi.

“Inilah kesempatan kita untuk bersatu, karena wabah Covid-19 bukanlah masalah pemerintah saja, tetapi masalah kita semua. Untuk itu mari kita terus menggalang persatuan dan terus saling membantu serta bergotong-royong mencegah penyebaran pandemi ini,” harapnya.

Disampaikan Eddy Berutu,  para abang becak bukan orang yang paling susah sekarang ini. Mungkin diantara para abang becak ada yang telah mendapat bantuan dari pemerintah dan selama ini masih punya penghasilan setiap harinya.

“Tetapi banyak juga masyarakat kita yang tidak punya penghasilan dan anak-anaknya banyak yang menderita disabilitas. Pesan saya bagi kita yang mendapat bantuan, agar bisa berbagi dengan yang lebih susah. Mudah-mudahan kita bisa keluar dari Covid-19 ini,” ujar Eddy Berutu.

Di desa dan di dusun masih bnyak masyarakat yag lebih susah dan tidak ada lagi harapan hidup. Bukan hanya pada saat terjadinya Covid-19, tetapi sebelumnya mereka juga memang susah.

“Mari kita sama-sama mengulurkan tangan, kalau ada masyarakat kita yang lebih susah berbagilah dengan mereka,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Pokja Logistik penaganan Covid-19, Dekman Sitopu menyebutkan, pada kesempatan itu, pihaknya juga menerima sumbangan sukareladari beberapa tokoh masyarakat yang tergabung dalam organisasi kepemudaan  Kabupaten Dairi, yakni Ikatan Pemuda Karya (IPK). Batuan itu berupa, beras @ 10 kg x 120 karung, 120 kotak mie instan, 120 kg gula, 120 liter minyak goreng kemasan dan 120 papan telur.

Disebutkan Dekman, harapan dari para Donatur bantuan itu dapat disalurkan kepada para masyarakat yang terdampak Covid-19 yang menurut mereka adalah para supir becak yang ada di Kecamatan Sidikalang.

Koordinator abang becak, Surianto Manalu mengucapkan terimakasih atas bantuan sembako yang diberikan kepada para abang becak yang terampak Covid-19.

“Semoga Bapak Bupati dan jajaran, serta Kodim dan Kepolisian serta kejaksaan selalu dibnerikan kesehatan dan dimudahkan rejeki,”ucapnya.(vikram/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini