Percepatan pemutusan Mata Rantai covid 19,Gugus tugas Dairi terus Dialiri Dukungan

Editor: metrokampung.com

Dairi, metrokampung.com
Gugus Tugas Percepatan Penaganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Dairi kembali mendapat dukungan berupa bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari masyarakat dan perusahaan yang perduli melawan wabah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Dairi.

Bantuan-bantuan itu datang dari, Alumni 1991 SMA Santo Petrus (SMA Cahaya II Katolik) berupa, Baju Coverall (Hazmat) 65 pcs, Face Shield (Pelindung wajah) 100 pcs. Bank BNI Sidikalang berupa bantuan baju Coverall  50 pcs, Face Shield 50 pcs, Masker medis 100 pcs,  Sarung tangan sensi gloves 200 pcs.

Himpunan Alumni SD ST Yosef dan SMP ST Paulus Sidikalang bantuan baju Hazmat 163 pasang. Anggota DPRD dari Partai PKB, Alfriansyah Ujung bantuan sepatu boot 200 pasang, Face Shield 200 pcs, Baju Hazmat 200 pasang,  Sarung tangan 200 pasang, Masker Kain 200 pcs, Hand scoon  200 pcs.

PT Ansuransi Sinar Mas bantuan, Face hield 50 pcs. Nande Brahmana SPPBE Dokan masken kain 900 pcs. Nesar S-PT MKG bnatuan masker kain 600 pcs. Gekira (Gerakan Kristen Indonesia Raya) bantuan masker 400 pcs, baju APD 100 pcs, masker kaca 48 pcs. Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira) Sayap partai Gerindra, DPC Partai Gerindra bantuan beras @ 5 kg sebanyak 35 zak, telur 30 papan, supermie 25 kardus.

PT TPL TBK bantuan beras @ 10 kg 2,5 ton, masker 2000 pcs, pakaian pelindung 100 pasang, sarung tangan karet 2000 pasang.

Usai menerima bantuan tersebut, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi menyampaikan, ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendonasikan bantuan ke Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Kabupaten Dairi.

“Kami percaya barang-barang ini bisa menyelamatkan satu sampai berpuluh-puluh jiwa warga Dairi yang kita cintai. Mencari barang-barang ini tidaklah mudah, apalagi dalam keadaan kondisi seperti sekarang ini. Bukan saja uang yang harus kita sediakan, tetapi segala cara untuk menghadirkan barang-barang ini disini,” kata Eddy Berutu.

Barang-barang ini nantinya akan disebarkan kepada seluruh masyarakat dan tenaga medis Penanganan Covid-19, agar mereka bisa bertahan dan mempertahankan semangat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas, seluruh bantuan logistik yang masuk akan diumumkan dan dipublikasi penyalurannya oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi. 

Bupati Dairi, Eddy Berutu menyampaikan suasana berat masih menyelimuti bangsa Indonesia dari pusat sampai ke desa hingga ke dusun. Untuk Kabupaten Dairi jumlah warga yang terindikasi OTG, ODP, PDP trennya menurun. Ini atas upaya semua masyarakat dalam kurun waktu sebulan terakhir dengan sekuat tenaga menjaga diri, mendisiplinkan diri dalam mentaati protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

“Apabila kita lengah, tren penyebaran Covid-19 ini akan kembali terjadi, oleh karena itu kami dari Pemkab dairi dan Forkompinda meminta kepada semua masyarakat untuk mempertahankan disiplin kita. Kalau terpaksa harus keluar gunakanlah masker, hindari kerumunan masa dan jaga jarak,” ujarnya.

Begiut juga kepada saudara-saudara yang masih dirantau, Eddy Berutu berpesan agar tetap di sana dan patuhi aturan dan petunjuk pemerintah setempat.

"Tunda dulu pulang ke kampung halaman untuk keselamatan  dan kebaikan bersama. Kami juga tahu kalau saudara-sauadara sekarang merasakan kerinduan, apalagi sekarang bulan suci Ramadhan dan sebentar lagi memasuki Hari Raya Idul Fitri. Untuk sementara ini gunakanlah media sarana komunikasi yang ada, seperti media sosial dan WhatShapp untuk melepas rindu dengan keluarga,” ujarnya.

Lebih lanjut Eddy juga menyampaikan, dalam waktu dekat pemerintah pusat, provinsi, daerah hingga desa sedang mempersiapkan bantuan sosial bagi masyarakat kurang mampu atau kesulitan ekonomi karena wabah pandemi Covid-19.

“Bila semua lancar, mulai senin depan secara bertahap kita akan menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19,” tambahnya.

Untuk daftar penerima bantuan sejak kemarin sudah ditempel ditempat terbuka, silahkan masyarakat untuk melihat. Bila ada masyarakat kurang mampu belum terdaftar silahkan melapor.

“Kita ingin bantuan ini transparan dan terbuka kita juga ingin koreksi masyarakat sendiri agar efektif. Kepada seluruh satuan pemerintah, inilah bakti kita untuk membntu mendistribusikan barang-barang dan bantuan kepada masyarakat,” pungkasnya.



Sementara, Jusuf Wibisono Social Capital Head TPL menyampaikan, bantuan yang diberikan PT TPL sebagai wujud dukungan riil dan kepedulian kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Dairi dan Gugus Tugas Kabupaten Dairi untuk membantu penaganan Covid-19.

“Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan tim medis sebgai ujung tombak penaganan Covid-19,” kata Jusuf.

Menurut Jusuf, sebelumnya juga pihak TPL telah memberikan bantuan berupa tempat pencuci tangan dan wastafel untuk kebersihan dan pencegahan Covid-19.

“Karena ada usulan pada saat itu, kalau bisa PT TPL bisa memberi bantuan sembako kepada masyarakat dan APD untuk membantu tim medis yang saat ini mengalami kekurangan. Maka pada hari ini permintaan tersebut kami penuhi,” terang Jusuf.

Mewakili Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira) yang merupakan organisasi sayap Partai Gerindra, Ketua DPC Partai Gerindra Rasiden Damanik mengatakan, bantuan berupa APD berasal dari Seketaris Gekira Jakarta, Nixson Silalahi putra kelahiran Parongil. Kalau dari Partai DPC Gerindra Dairi bantuan yang diberikan berupa bahan pokok.

“Hanya ini yang bisa kami berikan, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Dairi,” ucapnya.(vikram/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini