Regal Springs Indonesia Lakukan Studi Kelayakan Untuk Relokasi Operasi Akuakultur ke Kabupaten Toba

Editor: metrokampung.com

Toba, metrokampung.com
Menyusul kajian strategi bisnis, Regal Springs Indonesia (RSI) tengah merencanakan investasi pada Program Keberlanjutan 'KAMI PEDULI' di Danau Toba.

RSI saat ini sedang menyiapkan Studi Kelayakan bagi pilihan-pilihan Operasi Berkelanjutan Masa Depan di Danau Toba. Strategi RSI adalah mengembangkan usaha dan bertransformasi melalui perwujudan
Program Keberlanjutan Terpadu KAMI PEDULI kelas dunia di Danau Toba untuk menghasilkan dan menjual Tilapia mutu terbaik dunia secara lebih berkelanjutan.

“Kami memahami dan mendukung Strategi Pemerintah bagi Pengembangan Pariwisata bertanggung Jawab untuk Danau Toba. Kami juga sangat meyakini bahwa kawasan Danau Toba yang berkelanjutan adalah kawasan yang juga menghargai lingkungan hidup seraya mengembangkan manfaat sosial ekonomi melalui produksi pangan mutu tinggi.

Bagi sektor usaha kami, kami percaya bahwa hal tersebut bisa dicapai melalui ko-eksistensi antara pariwisata bertanggung jawab dan akuakultur bertanggung jawab.

Inilah semangat sejati Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2014 yang memuat kebijakan zonasi bagi pariwisata dan produksi pangan,” kata Cameron MacLean, Regal Springs
Group Head of Processing & Farming pada Jumat (15/4) di Balige.

RSI telah memulai studi kelayakan bagi lokasi-lokasi alternatif yang akan mendukung Strategi Pemerintah bagi Pengembangan Pariwisata Bertanggung Jawab di Danau Toba.

“Sejauh ini belum ada keputusan apapun. Salah satu bagian penting proses studi kelayakan ini adalah berkonsultasi dengan pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan utama,” kata Cameron.


RSI telah memaparkan rencana relokasi ini kepada Pemerintah Kabupaten Toba dan mengapresiasi petunjuk dan arahan yang diberikan. Pemaparan ini dihadiri oleh Bupati Toba dan para pejabat di lingkup Pemkab Toba, para camat, para kepala desa, Rektor Institut Teknologi Del dan pemangku kepentingan utama terkait lainnya.

“Berdasarkan arahan dari pemerintah, Regal Springs Group, pemilik RSI, telah setuju untuk melakukan investasi pada Rencana Keberlanjutan KAMI PEDULI untuk mendukung Strategi Pemerintah bagi Pengembangan Pariwisata Bertanggung Jawab dan mengkaji rencana relokasi tempat budidaya,” kata Cameron.

Rencana relokasi ini merupakan keputusan bisnis yang sepenuhnya bersifat sukarela.
“Meskipun operasi kami saat ini memiliki izin-izin lengkap dan sepenuhnya memenuhi peraturan daerah dan nasional, kami sukarela mengikuti arahan pemerintah untuk mendukung Strategi Pemerintah bagi Pengembangan Pariwisata Bertanggung Jawab,” jelas Cameron.

“Tujuan kami adalah mendapatkan lokasi-lokasi yang sesuai dan disetujui pemerintah untuk penempatan keramba budidaya ikan yang dikelola secara bertanggung jawab dan dermaga pendaratan yang akan semakin meningkatkan keberlanjutan operasi akuakultur melalui kerjasama dengan pemerintah daerah,” katanya.

“Bila dilaksanakan, proyek ini akan menjadi investasi besar di daerah ini dan akan memberikan manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan terkait. Proyek ini juga akan memberikan manfaat sosial ekonomi besar, menciptakan tenaga kerja baru yang terampil yang akan mendukung pembangunan ekonomi setempat; dan mengembangkan produksi pangan yang bertanggung jawab dan bermutu tinggi,” pungkas Cameron.(rel/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini