Dinas P3A Labuhanbatu Gelar Pelatihan Perlindungan Anak dari Tindak Kekerasan

Editor: metrokampung.com

Labuhanbatu, metrokampung.com
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Labuhanbatu, Tinur Bulan Harahap SKM, M.Kes, menegaskan, masyarakat berperan cukup besar dalam menanggulangi dan mencegah tindakan kekerasan pada anak.

Hal ini disampaikan Tinur Bulan Harahap selaku narasumber Pelatihan Perlindungan Anak dari Tindak Kekerasan, yang diselenggarakan di Kantor Kelurahan Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Senin (20/7/2020) pagi.

Disebutkannya, ada beberapa peran masyarakat dalam membantu korban tindak kekerasan terhadap anak. Diantaranya, menghubungi instansi/kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di RT / RW, Lingkungan / Dusun, Desa / Kelurahan untuk memberikan layanan kepada korban. Segera laporkan kepada polisi, jika kekerasan itu mengancam jiwa anak. Segera memberikan pertolongan, jangan menunda.

Selanjutnya, segera periksakan ke Puskesmas/Rumah Sakit terdekat, jika terdapat luka-luka yang diderita sikorban utuk divisum. Bantu korban untuk mrmperoleh tempat aman. Dengarkan keluhan korban. Bicara sopan dan tidak menyalahkan korban.

Kemudian ucapnya, salahkan orang yang seharusnya disalahkan (pelaku). Yakinkan korban, dia harus mampu menolong dirinya sendiri. Jika mengetahui orang tua yang memukul anaknya, cobalah ingatkan / beritahu. Berikan bantuan kepada pelaku / orangtua yang sadar akan perlakuannya dan berniat untuk menghentikan.

Sedangkan peran masyarakat terhadap pelaku tindak kekerasan, menurut Tinur Bulan, yaitu mengamankan dan menenangkan pelaku. Melaporkan kejadiannya kepada kader yang ada di dusun / lingkungan, RT / RW, desa / kelurahan, untuk solusi penanganan. Laporkan kasusnya kepada kepolisian setempat, atas sepengetahuan / izin korban.

Sementara, Pelatihan Perlindungan Anak dari Tindak Kekerasan ini, diikuti sejumlah kader PKK, kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), karang taruna, para kepala lingkungan dan undangan lainnya.

Pada pembukan pelatihan, hadir Lurah Rantauprapat, Ibrahimsyah Putra Siregar, bersama Ketua TP PKK Kelurahan Rantauprapat, dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Rantauprapat.(Oen/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini