Dinilai Mampu Membawa Perubahan Untuk Samosir, Warga Lintong Nihuta Siap Memenangkan Vandiko Gultom

Editor: metrokampung.com
Sosialisasi balon bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, yang dihadiri ratusan warga desa Lintong Nihuta. 
Samosir, metrokampung.com
15 tahun Samosir menjadi kabupaten setelah mekar dari kabupaten Toba, namun disayangkan masih ada daerah yang belum menikmati pembangunan, salah satunya di desa Lintong Nihuta, kecamatan Ronggur Nihuta.

Dengan keadaan tersebut, membuat masyarakat menginginkan perubahan Samosir kearah yang lebih maju bersama Vandiko Gultom.

Dalam kunjungannya didesa lintong nihuta, Selasa (07/07/2020) yang mayoritas warga bertani Kopi, Vandiko Gultom kembali menyampaikan salam perubahan untuk Samosir yang lebih baik.

Pada kesempatan, Vandiko Gultom juga bicara tentang bagaimana penguatan perekonomian para petani di Samosir kedepannya.

"Kedepannya bila rakyat mempercayai saya, hasil pertanian contohnya kopi tidak boleh dijual hanya dalam bentuk biji, tapi sudah dalam bentuk jadi yang diolah dan dikemas dengan baik sehingga harga semakin tinggi," jelas Vandiko.

"Disini lah perlu kehadiran pemerintah, untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat. Dengan demikian, maka masyarakat berlomba lomba untuk kreatif, hingga mampu menciptakan lapangan kerja"terangnya.

Vandiko juga berjanji akan menjadikan wilayah pertanian kopi menjadi salah satu destinasi wisata kopi yang mendunia sehingga menguntungkan penduduk sekitar.

Vandiko Timotius Gultom (balonbup Samosir) dalam menyampaikan visi dan misinya.
Terkait turunnya harga kopi, Vandiko berjanji akan memperbaiki harga pasar sehingga tidak membuat rakyat menderita. "Terutama para tengkulak akan kita jauhkan dari para petani," ujarnya.

Penguatan ekonomi petani, menurut Vandiko dapat dilakukan dengan berbagai cara dari mulai pemberdayaan hasil pertanian sehingga meningkatkan nilai jual hasil.

"Dan ini hanya bisa dilakukan oleh Bupati Samosir yang mempunyai jiwa visioner dan mampu untuk berpikir kedepan,  sehingga kesejahterakan masyarakat terwujud" ujar Vandiko Gultom.

Penjualan produk mentah seperti bawang, jagung dan kacang langsung kepada pembeli dari luar tidak akan mampu meningkatkan pendapatan petani.

"Oleh Bupati yang visioner, itu harus diolah dengan mengubahnya menjadi produk yang tinggi nilai seperti bawang jadi bawang goreng, jagung menjadi jajanan yang harga tinggi serta kacang dalam bentuk seperti selai roti dan lainnya," jelas Vandiko.

Dari sisi pendidikan, Vandiko Gultom melihat perlunya peningkatan sumber daya manusia di Samosir dengan memberikan beasiswa sekolah kepada para mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang mempunyai IP 3, kita akan berikan beasiswa untuk sekolah sampai selesai," ujarnya.

Pada bidang kesehatan, Vandiko Gultom berjanji memberikan BPJS kesehatan kepada seluruh warga Samosir.

"Kita gratiskan BPJS untuk menjamin kesehatan warga Samosir," tegasnya.
Pembiayaan untuk itu dilakukan dengan pemberdayaan APBD Samosir yang lebih terkhusus kepada kesejahteraan rakyat.

"Pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan yang biasa nya dari APBD Samosir kita tiadakan, tapi kita ambil dari APBN untuk pembangunan jalan sampai ke desa-desa," jelasnya.

APBD Samosir kedepannya lebih dikhususkan kepada pendidikan, pertanian dan kesehatan warga untuk menciptakan sumber daya manusia seutuhnya sehingga kesejahteraan rakyat semakin meningkat.

"Sebagai orang muda, saya tidak punya keinginan apapun dan hanya untuk mengabdi kepada rakyat, berikan saya kesempatan maka saya akan revatilisasi pemerintahan dan pembangunannya untuk sejahterakan rakyat Samosir," tegasnya.

Usai mendengar pemaparan Visi dan Misi yang di sampaikan balon bupati Samosir Vandiko Gultom, dengan spontan masyarakat Lintong Nihuta mengatakan siap mendukung dan memenangkan Vandiko Gultom pada perhelatan pilbub Samosir yang digelar pada bulan desember mendatang.

Warga desa Lintong Nihuta, dalam hal ini diwakili ama Swandi Simbolon menyampaikan kesiapan mereka dalam mendukung Vandiko Gultom.

"Setelah kami mendengarkan pemaparan Visi dan Misi Vandiko, yang menurut kami, sangat menguntungkan bagi masyarakat, khusus nya kami petani, dengan ini kami siap mendukung dan memenangkan Vandiko"ungkapnya.

Pada acara tersebut, Vandiko Gultom juga memberikan tali asih dengan berbagi bantuan pangan serta mengajak warga bernyanyi bersama Nauli Sister sehingga membuat Rakyat Desa Lintongnihuta bersuka cita dan imun semakin sehat.

Hadir pada kegiatan tersebut Pahalatua Simbolon, Sasnaek Naibaho, Efendy Naibaho, Nahum Naibaho, Ualu Pasaribu dan Koordinator Team Vandiko Jonperson Kecamatan Ronggurnihuta, Barita Sinambela, Ama Swandi Simbolon, Ama Lenda Simbolon, Tappang Simbolon, Ama Rafael Nadeak, Amani Bolas Simbolon, Ama Jandri Naibaho, Ompung Wesley Naibaho, Bonggas Silalahi, Ompung Sandiman boru Simbolon serta para tetua desa.(horas/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini