Formikom Sumut Demo ke Kantor Sosial Simalungun

Editor: metrokampung.com
Warga miskin di Kantor Dinas Sosial.
Simalungun, metrokampung.com
Forum Orang Miskin Sumatera Utara (Formikom Sumut) serta warga Kabupaten Simalungun, Provisi Sumatera Utara, Kamis (23/7/2020) demo ke kantor Dinas Sosial Simalungun sekaligus Posko Covid-19 Kabupaten Simalungun.

Ketua Formikom Sumut Kordinator Aksi Lipen Simajuntak dalam aksinya mengatakan  hingga saat ini Pemkab Simalungun belum mampu mensejahterahkan masyarakatnya atau mengayominya. Seakan-akan Pemerintah Simalungun alergi dengan masyarakatnya khususnya warga miskin.

Penerima bantuan untuk warga miskin diduga tidak tepat sasaran seperti BPNT, PKH, Sembako Kabupaten dan Provinsi, KIS, PBI begitu juga dengan program bansos untuk penanganan Covid-19.  Mirisnya lagi ribuan penerima KIS, PBI dinon aktifkan Pemerintah Simalungun sehingga warga penerima KIS dan PBI tidak dapat berobat lagi.

"Maka kami dari warga miskin dengan Formikom Sumut meminta Aparat Penegak Hukum dan Bupati Sinalungun agar bantuan BPNT, PKH, KUBE, BANSOS dan sembako Kabupaten dan Provinsi serta masker supaya tepat sasaran. Segera lakukan pendataan ulang atau verifikasi penerima program bantuan pemerintah. Aktifkan kembali bantuan pemerintah KIS, PBI di Simalungun serta usut dana penggunaan Covid-19 di Kabupaten Simalungun,"sebut Lipen.

Kepala Dinas Sosial Simalungun Mudahalam Purba tidak berada di kantor dan  ketika dikonfirmasi melalui hape dirinya mengaku diri sedang di luar.

"Apa rupanya tuntutan warga itu. Kan ada kepala bidang sosial disitu serta anggota,"bilangnya.
 Pantauan wartawan, tak ada kabid dan anggota Dinas Sosial.

Tak lama Kordinarotor Daerah Kementerian Sosial Rina Saragih mengakan Kemenenterian Sosial memakai data yang lama Tahun 2011 dan Februari 2020. 

"Kementerian Sosial RI memerintahkan kepada pangulu serta perangkat desa di Kabupaten Simalungun untuk mendata warga miskin di setiap Nagori,"ucap Rina. (ris/dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini