Selama Ini Cuma Bisa Beli Bedak Gaji Guru Honorer Batu Bara Naik Jadi Rp 750 Ribu

Editor: metrokampung.com
Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus.
Batu Bara, metrokampung.com
Miris, gaji guru honorer di Kabupaten Batu Bara hanya bisa untuk membeli bedak. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus mengaku sangat prihatin dengan gaji yang diterima para guru honorer.

"Dengan digaji jauh di bawah upah yang layak mereka (para guru honorer) itu hanya mampu membeli bedak untuk persiapan dalam mengajar ke sekolah", ungkap Ilyas seraya mengaku akan menerapkan gaji guru honorer di Kabupaten Batu Bara minimal Rp 750 ribu rupiah setiap bulannya.

Penerapan batas minimal gaji itu sejalan dengan kebijakan yang dilakukan Disdik Batu Bara melalui mekanisme yang diberlakukan pada uji kompetensi guru beberapa waktu lalu.

“Kedepan gaji guru honorer akan kita naikkan sebesar Rp. 750 ribu perbulannya,” Kata Kadisdik Ilyas Sitorus menjawab wartawan, Senin (13/7/2020).

Ilyas menyinggung, konflik antara guru honorer dan kepala sekolah tentang gaji adalah salah satu poin masukan bagi Dinas Pendidikan yang dipimpinnya. Hanya saja, persoalan gaji guru honorer yang ditampung dalam anggaran dana BOS itu masih disesuaikan dengan jumlah guru honor yang ada disekolah.

“Memang masih ada lagi guru kita yang digaji Rp 250 ribu rupiah, namun kedepan kita akan terapkan minimal Rp 750 ribu rupiah", terang Ilyas.

Gaji guru honorer yang minim, Ilyas mengaku prihatin dengan kondisinya. Kelak setelah para guru honorer mendapatkan SK yang dikeluarkan oleh Bupati Batu Bara, mereka juga akan mendapatkan gaji tambahan dari APBD Batu Bara.

"Kita memang prihatin, gaji mereka yang minim itu hanya bisa beli bedak aja. Kedepan, mereka akan kita perjuangan mendapat kucuran dana dari APBD Batu Bara", aku mantan pejabat Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara itu. (rud/dra/mk)
Share:
Komentar


Berita Terkini